LENGARI, Maria Fatima Lema (2019) Pengaruh Tanggung Jawab Dan Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Hasil Belajar Keterampilan Pada Materi Pokok Sistem Koloid Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas XI MIA 5 SMAN 7 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (404kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (687kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (688kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (876kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (411kB) |
Abstract
Tanggung jawab adalah suatu keadaan dimana semua tindakan atau perbuatan merupakan penjelmaan dari nilai-nilai moral serta nilai luhur kesusilaan dan atau keagamaan. Kemampuan penalaran formal adalah suatu proses mental dalam mengembangkan pikiran dari beberapa fakta atau prinsip. Model pembelajaran berbasis masalah (PBL) adalahsuatu model yang menuntut siswa untuk berpikir formal, kritis, belajar mandiri, dan mampu menghasilkan suatu produk.Proses pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dirancang sedemikian rupa agar siswa aktif dalam pembelajaran melalui tahapan-tahapan orientasi masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, identifikasi masalah, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan mengevaluasi dan menganalisis hasil pemecahan masalah. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan model PBL pada materi sistem koloid siswakelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana tanggung jawab siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana kemampuan penalaran siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilansiswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilansiswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019? Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan model PBL pada materi sistem koloid siswakelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019 (2) Untuk mengetahui tanggung jawab siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019 (3) Untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019 (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilansiswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019 (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilansiswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan PBL pendekatan efektif terhadap materi pokok sistem koloid pada siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019 (2) Tanggung jawab siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori sangat baik dengan presentase sebesar 81,90% (3) Kemampuan penalaran formal siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori formaldenganpersentase rata-rata nilai 71,1(4) Ada hubungan antara tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilansiswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi ganda = 0,792 dan = 0,599 (5) Ada pengaruh antara tanggung jawab dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilansiswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi ganda = , + , + , dan = , + , + ,
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggung Jawab, Kemampuan Penalaran Formal, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar Pengetahuan Siwa, dan Hasil Belajar Keterampilan Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Antonia M. Ngole |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 02:37 |
Last Modified: | 18 Jan 2020 02:37 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1254 |
Actions (login required)
View Item |