Pengaruh Keterampilan Sosial Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Hasil Belajar Keterampilan Melalui Lesson Study For Learning Community Yang Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Pokok Sistem Koloid Di SMAN 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

SERAN, Maria Ofliana (2019) Pengaruh Keterampilan Sosial Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Hasil Belajar Keterampilan Melalui Lesson Study For Learning Community Yang Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Pokok Sistem Koloid Di SMAN 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (325kB)

Abstract

Keterampilan sosial adalah kemampuan untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan serta dapat menyesuaikan diri dengan aturan dan norma yang berlaku. Penalaran merupakan kegiatan berpikir yang mempunyai karakteristik tertentu, yakni pola berpikir logis dan proses berpikirnya bersifat analitis. : Pembelajaran Konstektual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari- hari. Lesson Study merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan secara berkesinambungan dalam tiga tahapan yaitu merencanakan (plan), melaksanakan (do), meng-observasi dan melaporkan hasil pembelajaran/ refleksi (see). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar kreatif siswa pada materi Sistem Koloid, untuk mengetahui hubungan antara kemampuan penalaran dan keterampilan sosial siswa terhadap hasil belajar, untuk mengetahui adakah pengaruh kemampuan penalaran terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Koloid, untuk mengetahui adakah pengaruh keterampilan sosial terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Koloid Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok sistem koloid siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian deskriptif dan asosiatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning efektif yakni a) Kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor 3,66. b) Ketuntasan indikator hasil belajar meliputi kedua aspek : (KI-3) tuntas dengan nilai 0,90, (KI-4) tuntas dengan nilai 0.82. Ketuntasan hasil belajar meliputi : KI-3 sebesar 84, KI-4 sebesar 83. (2) Keterampilan sosial siswa kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori keterampilan sosial yang tinggi dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 84%. (3) Kemampuan penalaran siswa kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori kemampuan penalaran yang tinggi dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 83%. (4) a,b,c,d,) Ada hubungan antara keterampilan sosial, kemampuan penalaran dan hubungan keduanya terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dalam menerapkan Pendekatan yang ditunjukan dengan nilai korelasi sebesar 0,574943, 0,6589545, 0,524783, 0,61005, 0,635193, 0,635193. (5) a,b,c,d,e,f) Ada pengaruh antara keterampilan sosial, kemampuan penalaran dan pengaruh keduanya terhadap hasil belajar dengan menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning lesson study for learning community pada materi pokok sistem koloid SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi bertutut-turut sebagai berikut: Ŷ= 9,6851106667 + 0,50553814 X1 + 0,4313111612 X2) (Y ˆ 2,5114006667 + 0,618932179X1 + 0,4313111612X2). Dengan melihat bahwa keterampilan sosial dan kemampuan penalaran siswa serta pendekatan Contextual Teaching and Learning melalui lesson study for learning community ada hubungan dan pengaruh terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan siswa maka perlu diperhatikan dengan baik bagaimana keterampilan sosial seorang dan bagaimana seorang individu mampu membangun kemampuan penalaran yang baik dalam dirinya dengan didukung pendekatan Contextual Teaching and Learning sehingga hasil belajar yang dicapai bisa mencapai KKM. Keterampilan sosial adalah kemampuan untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan serta dapat menyesuaikan diri dengan aturan dan norma yang berlaku. Penalaran merupakan kegiatan berpikir yang mempunyai karakteristik tertentu, yakni pola berpikir logis dan proses berpikirnya bersifat analitis. : Pembelajaran Konstektual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari- hari. Lesson Study merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan secara berkesinambungan dalam tiga tahapan yaitu merencanakan (plan), melaksanakan (do), meng-observasi dan melaporkan hasil pembelajaran/ refleksi (see). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar kreatif siswa pada materi Sistem Koloid, untuk mengetahui hubungan antara kemampuan penalaran dan keterampilan sosial siswa terhadap hasil belajar, untuk mengetahui adakah pengaruh kemampuan penalaran terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Koloid, untuk mengetahui adakah pengaruh keterampilan sosial terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Koloid Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok sistem koloid siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian deskriptif dan asosiatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning efektif yakni a) Kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor 3,66. b) Ketuntasan indikator hasil belajar meliputi kedua aspek : (KI-3) tuntas dengan nilai 0,90, (KI-4) tuntas dengan nilai 0.82. Ketuntasan hasil belajar meliputi : KI-3 sebesar 84, KI-4 sebesar 83. (2) Keterampilan sosial siswa kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori keterampilan sosial yang tinggi dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 84%. (3) Kemampuan penalaran siswa kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori kemampuan penalaran yang tinggi dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 83%. (4) a,b,c,d,) Ada hubungan antara keterampilan sosial, kemampuan penalaran dan hubungan keduanya terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan dalam menerapkan Pendekatan yang ditunjukan dengan nilai korelasi sebesar 0,574943, 0,6589545, 0,524783, 0,61005, 0,635193, 0,635193. (5) a,b,c,d,e,f) Ada pengaruh antara keterampilan sosial, kemampuan penalaran dan pengaruh keduanya terhadap hasil belajar dengan menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning lesson study for learning community pada materi pokok sistem koloid SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi bertutut-turut sebagai berikut: Ŷ= 9,6851106667 + 0,50553814 X1 + 0,4313111612 X2) (Y ˆ 2,5114006667 + 0,618932179X1 + 0,4313111612X2). Dengan melihat bahwa keterampilan sosial dan kemampuan penalaran siswa serta pendekatan Contextual Teaching and Learning melalui lesson study for learning community ada hubungan dan pengaruh terhadap hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan siswa maka perlu diperhatikan dengan baik bagaimana keterampilan sosial seorang dan bagaimana seorang individu mampu membangun kemampuan penalaran yang baik dalam dirinya dengan didukung pendekatan Contextual Teaching and Learning sehingga hasil belajar yang dicapai bisa mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Sosial,Kemampuan Penalaran, Pendekatan Contextual Teaching and Learning, lesson study for learning community Hasil Belajar Pengetahuan dan Hasil Belajar Keterampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 20 Jan 2020 01:17
Last Modified: 20 Jan 2020 01:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1256

Actions (login required)

View Item View Item