Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk Tahun 2012-2021

BRIA, Patrisiana Simona (2023) Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk Tahun 2012-2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (776kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (209kB)

Abstract

Patrisiana Simona Bria (32116087) dengan judul penelitian “Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2021” Program studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Henny A. Manafe, SE, MM sebagai pembimbing I dan Bapak Jou Sewa Adrianus, SE, MM sebagai pembimbing II. Struktur modal memiliki peran penting bagi perusahaan secara keseluruhan, karena dengan struktur modal perusahaan dapat menilai kinerja perusahaan dan mampu mengambil keputusan untuk mengembangkan usahanya. Struktur modal dapat diukur dengan menggunakan rasio Dept To Equity Ratio (DER). DER merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur perbandingan antara total utang dengan modal sendiri. Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran Struktur Aktiva, Profitabilitas, Pertumbuhan perusahaan dan Ukuran perusahaan terhadap struktur modal pada PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk Tahun 2012-2021? (2) Apakah Struktur Aktiva, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk Tahun 2012-2021? (3) Apakah Struktur Aktiva, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap struktur modal pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk Tahun 2012-2021?. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, data yag dikumpulkan dengan metode Dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu Analisis Deskriptif dan Analisis statistik inferensial yang terdiri dari Uji Asumsi Klasik, Analisis Linear Berganda, Pengujian Hipotesis dan nilai koefisien determinasi (R2). Hasil analisis data menyimpulkan bahwa gambaran Struktur aktiva, ROA, Growth dan Firm Size pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk Sehat. Hal ini dibuktikan dari Uji (t) dimana variabel struktur aktiva dengan nilai signifikan sebesar 0,408 > 0,05, ROA dengan nilai signifikan 0,987 > 0,05, Growth dengan nilai signifikan 0,134 > 0,05 dan Firm Size dengan nilai signifikan 0,636 > 0,05 hal ini membuktikan Secara parsial Struktur aktiva, ROA, Growth dan Firm Size tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Secara simultan, variabel Struktur aktiva, ROA, Growth dan Firm Size berpengaruh signifikan terhadap struktur modal yaitu dengan tingkat signifikan sebesar 0,002 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukan besar nilai variabel SA, ROA, Growth dan Firm Size dengan nilai sebesar 0,606 menjelaskan variasi dari variabel struktur modal sebesar 0,367 atau 29,5% dan sisanya 70,05% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan kesimpulan diatas disarankan kepada PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk untuk meningkatkan pengelolaan keuangan dengan meningkatkan rasio keuangan seperti Sruktur aktiva, Profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan agar dapat meningkatkan struktur modal secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Struktur Aktiva, profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran perusahaan, Struktur Modal.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S. M PATRISIANA SIMONA BRIA
Date Deposited: 09 May 2023 03:01
Last Modified: 09 May 2023 03:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12581

Actions (login required)

View Item View Item