Pengaruh Word Of Mouth (Wom), Pribadi, Dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Unknown Cash (UC)Pada Game Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile Di Kota Kupang

SAMAN, Marya Febryani (2022) Pengaruh Word Of Mouth (Wom), Pribadi, Dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Unknown Cash (UC)Pada Game Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile Di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (475kB)

Abstract

Marya Febryani Saman : 32117090 dengan judul skripsi “Pengaruh Word of Mouth (WOM), Pribadi, dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Unknown Cash (UC) Pada Game Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile di Kota Kupang”. Di bawah bimbingan Bapak Drs. Ec. Gaudensius Djuang, MM sebagai pembimbing I dan Ibu Maria A. Lopes Amaral, SE, MM sebagai pembimbing II. PUBG Mobile adalah game seluler Battle Royale. Kota Kupang sebagai ibukota dari Provinsi NTT yang cukup banyak memiliki pemain aktif PUBG Mobile. Volume penjualan atau jumlah transaksi UC di Kota Kupang mengalami penurunan pada 3 tahun terakhir 2019-2021. Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui gambaran WOM, pribadi, psikologi, dan keputusan pembelian UC (Unknown Cash) game PUBG Mobile di Kota Kupang. 2) Untuk mengetahui signifikan pengaruh Word of Mouth (WOM), pribadi, dan psikologi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian UC (Unknown Cash) game PUBG Mobile di Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan menggunakan sampel populasi sebanyak 112 orang. Analisis data digunakan analisis deskriptif ( dan analisis inferensial (Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, Pengujian Hipotesis). Hasil analisis data secara deskriptif menunjukkan bahwa kategori persepsi (XP-5) dari variabel Word of Mouth sebesar 71,6%, variabel Pribadi adalah 70,4%, variabel Psikologi adalah 70,2%, dan variabel keputusan pembelian sebesar 72%, semua variabel dikategorikan baik. Berdasarkan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa Y = 0,453X1 + 0,283X2 + 0,035X3. Hasil pengujian parsial (Uji t) menunjukkan bahwa variabel Word of Mouth (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian UC PUBG Mobile (Y). Variabel Pribadi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian UC PUBG Mobile (Y). Variabel Psikologi (X3) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Keputusan pembelian UC PUBG Mobile (Y). Hasil pengujian secara simultan (Uji F) dapat diketahui bahwa variabel Word of Mouth (X1), Pribadi (X2) dan Psikologi (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y), hasil ini ditunjukan oleh nilai F hitung sebesar 38,292 dengan signifikan 0,000. Hasil uji Determinasi (R2) diketahui bahwa kontribusi Word of Mouth (X1), Pribadi (X2) dan Psikologi (X3) terhadap Keputusan pembelian (Y) sebesar 0,502 atau 50,2%, sisanya 49,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Perusahaan Tencent Games perlu lebih memperhatikan cheater yang berkeliaran dalam game PUBG Mobile, agar pemain yang masih setia bermain PUBG Mobile dapat meyakinkan pemain PUBG Mobile yang telah berhenti untuk bermain kembali. Perusahaan Tencent Games harus lebih menciptakan item atau skin sesuai dengan perkembangan zaman, agar item dan skin tersebut lebih menjadi menarik, sehingga dapat mencerminkan gaya hidup pemain yang bersifat aksi dan menantang. Perusahaan Tencent Games perlu lebih memperhatikan item dan skin setiap season, sehingga pemain lebih tertarik untuk mempercantik karakter mereka dan lebih sering untuk membeli item dan skin pada game PUBG Mobile. Bagi peneliti lainnya, yang ingin mengadakan riset serupa, agar dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan mengangkat objek penelitian pada produk ekonomi lainnya dengan jumlah variabel yang lebih luas, sehingga dapat diketahui alasan yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Worf of Mouth, Pribadi, Psikologi dan Keputusan Pembelian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Marya Febryani Saman
Date Deposited: 09 May 2023 06:27
Last Modified: 09 May 2023 06:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12584

Actions (login required)

View Item View Item