NGADHA, Maria Dominika (2023) Tanggung Jawab PT.Kerta Gaya Pusaka Perwakilan Bajawa Terhadap Keterlambatan Pengiriman Barang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (870kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (359kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (332kB) |
Abstract
Di Indonesia saat ini Pengangkutan dalam dunia perniagaan sangat penting sekali, mengingat sarana ini sebagai angkutan dari produsen ke agen/grosir sampai ke konsumen. Pengangkutan adalah satu bidang kegiatan yang sangat vital dalam kehidupan masyarakat. Permasahalan dalam hal keterlambatan pengiriman barang adalah suatu hal yang cukup kompleks dan itu bisa menyebabkan kerugian-kerugian bagi masyarakat yang menggunakan pelayanan jasa pengiriman barang. Tanggung jawab pihak pelayanan jasa pengiriman barang yang tidak bertanggung jawab terhadap keterlambatan pengiriman barang ini masih sangat diabaikan oleh pihak penyedia jasa yang dirasa belum diselesaikan dengan baik sehingga masalah tersebut sangat merugikan pihak pengguna jasa. tanggung jawab PT.Kerta Gaya Pusaka Kewajiban yang seharusnya di berikan oleh pengguna jasa terhadap kerugian yang dialami oleh konsumen sudah diatur dalam Undang-undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 Tentang kewajiban dari pelaku usaha dalam hal ini adalah pelayanan penyedia jasa pengiriman barang. Dengan demikian permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana tanggung jawab PT. Kerta Gaya Pusaka Perwakilan Bajawa Terhadap Keterlambatan Pengiriman Barang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis dan pendekatan perundang-undangan.Tujuan untuk mengetahui bagaimana Tanggung Jawab PT. Kerta Gaya Pusaka Perwakilan Bajawa Terhadap Keterlambatan Pengiriman Barang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tanggung jawab PT. Kerta Gaya Pusaka Perwakilan Bajawa tidak berjalan dengan baik hal ini dikarenakan masih sering terjadinya keterlambatan dalam pengiriman barang. Bentuk tanggung jawab yang diberikan oleh PT. Kerta Gaya Pusaka Perwakilan Bajawa adalah tanggung jawab secara kesengajaan.kelalaian dan mutlak meskipun pihak PT.KGP belum melaksanakan kewajiban mereka dengan baik. hal ini dapat dilihat dari bentuk penyelesaiaan secara kekeluargaan yang dirasa masih kurang karena tanggung jawab yang diberikan oleh PT. KGP tidak sesaui dengan apa yang diharapkan oleh pengguna jasa sehingga dapat merugikan pengguna jasa secara materil dan imateril. Kesimpulan dari hasil penelitian dilapangan Tanggung Jawab PT.Kerta Gaya Pusaka Perwakilan Bajawa tidak berjalan dengan baik. Hal ini karena Dalam pelaksanaanya pihak dari PT. Kerta Gaya Pusaka Perwakilan Bajawa belum sepenunya memenuhi tanggung jawab seperti tanggung jawab secara kesengajaan.kelalaian dan mutlak namun tanggung jawab yang diberikan. Hal ini dikarenakan bentuk tanggung jawab yang diberikan oleh KGP belum sesaui dengan peraturan yang ada berkaitan dengan perlindungan konsumen. Saran Sebaiknya pihak Kerta Gaya Pusaka lebih proaktif dalam merespon komplain konsumen apabila terjadi keterlambatan pengiriman barang. Selain itu ada baiknya jika menambahkan aturan mengenai keterlambatan pengiriman barang dalam syarat dan ketentuan yang ada di perjanjian pengiriman dalam Kerta Gaya Pusaka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggung Jawab, Keterlambatan, Perlindungan Konsumen, Jasa |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Program Studi Hukum |
Depositing User: | S.H Maria Dominika Ngadha |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 01:09 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 01:09 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12709 |
Actions (login required)
View Item |