Efektivitas Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Studi Kasus Pada Sub Bagian Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur)

LINA, Bernadeta Christina Meo (2023) Efektivitas Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Studi Kasus Pada Sub Bagian Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (979kB)

Abstract

EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI LAPORAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR (Studi kasus pada Sub Bagian Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur). Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) provinsi Nusa Tenggara Timur sejak tahun 2020 dilakukan dengan mempedomani Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Laporan Dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, dimana pada pasal 11 ayat 4 menyatakan bahwa penyampaian LPPD dilaksanakan melalui sistem informasi pemerintahan daerah. Namun, SILPPD mengalami kendala yakni ketersediaan data dukung pada Organisasi perangkat daerah untuk diunggah pada SILPPD masih belum lengkap dan belum sesuai Indikator Kinerja Kunci yang telah ditetapkan dalam SILPPD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas Sistem Informasi Laporan Penyelenggaran Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan mendeskripsikan faktor penghambat efektivitas Sistem Informasi Laporan Penyelenggaran Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Teori yang digunakan adalah teori efektivitas yang dikemukakan oleh Duncan dalam Steers yang dibagi menjadi 3 indikator yaitu pencapian tujuan,integrasi dan adaptasi. Desain penelitan yang digunakan adalah penelitan kualitatif dengan pendekatan deskriptif . Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penyampaian LPPD pada SILPPD menjadi umpan balik yang digunakan sebagai dasar peningkatan kapasitas pemerintahan Daerah Provinsi NTT. Hasil penelitan menunjukan bahwa penerapan SILPPD Provinsi Nusa Tenggara Timur dinilai cukup efektif menyampaikan LPPD Provinsi Nusa Tenggara Timur. Salah satu faktor yang menghambat keberhasilan SILPPD Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah lemahnya koordinasi anatara tim penyusun, tim pereviu serta perangkat daerah. Saran yang ingin penulis sampaikan yaitu pemahaman perangkat daerah perlu ditingkatkan dengan melakukan bimbingan teknis secara rutin setiap tahun dan keselarasan antara tim penyusun, tim pereviu serta perangkat daerah perlu ditingkatkan melalui monitoring dan evaluasi .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, LPPD, SILPPD
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Bernadeta Christina Meo Lina
Date Deposited: 13 Jul 2023 00:06
Last Modified: 13 Jul 2023 00:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12731

Actions (login required)

View Item View Item