Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Eskresi Pada Manusia Di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

PALU, Agustina (2019) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Eskresi Pada Manusia Di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (718kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (425kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penelitian ditemukan masalah yaitu rendahnya hasil belajar IPA Terpadu peserta didik. Hal ini dikarenakan peserta didik terbiasa dengan pembelajaran tradisional yaitu dengan ceramah sehingga membuat peserta didik bosan dan kurang termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengantisipasi masalah ini dengan menerapkan pembelajaran inovatif sehingga tercapainya standar proses pembelajaran. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Kupang. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model Discovery Learning dan peserta didik kelas VIIIB Sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes analisis data secara deskripstif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dari pada pembelajaran langsung. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai hasil pre-test pada kelas yang menerapkan model Discovery Learning dari 57,22 naik menjadi 79,81 dibandingkan pada kelas yang menerapkan model Pembelajaran Langsung dari 50,93 naik menjadi 70. Berdasarkan hasil uji anacova menunjukkan signikansinya 0,000 ≤ 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh pada Model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil Belajar Peserta Didik, Sistem Ekskresi Pada Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:31
Last Modified: 20 Jan 2020 04:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1275

Actions (login required)

View Item View Item