Analisis Komparasi Penerimaan Retribusi Pariwisata Yang Dikelola Oleh Pemerintah Daerah Dengan Disponsori Bank NTT di Kabupaten Ngada

DE ROZARI, Natalia Admana Putri (2023) Analisis Komparasi Penerimaan Retribusi Pariwisata Yang Dikelola Oleh Pemerintah Daerah Dengan Disponsori Bank NTT di Kabupaten Ngada. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Natalia Admana Putri de Rozari (31119068) program studi Ekonomi Pembangunan dibawah bimbingan Ibu Emiliana Martuti Lawalu, SE.,ME selaku dosen pembimbing 1 dan Bapak Adrianus Ketmoen, SE., MM selaku dosen pembimbing 2, dengan judul penelitian “Analisis Komparasi Penerimaan Retribusi Pariwisata Yang Dikelola Oleh Pemerintah Daerah Dengan Disponsori Bank NTT dii Kabupaten Ngada”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar retribusi pariwisata yang dikelola oleh Pemda dengan disponsori Bank NTT di Kabupaten Ngada, untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi pengelolaan retribusi pariwisata oleh Pemda dengan disponsori Bank NTT di Kabupaten Ngada, dan untuk mengetahui perbandingan penerimaan retribusi pariwisata yang dikelola oleh Pemda dengan disponsori Bank NTT di Kabupaten Ngada. Jenis peneilitian yang digunakan adalah jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh objek wisata yang berada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memiliki sistem penerimaan retribusi pariwisata yang dikelola oleh Pemda dengan disponsori Bank NTT. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode porpose sampling, tergantung pada jumlah objek wisata yang ada di wilayah yang sama dan tingkat kesamaan antar objek wisata. Kemudian data diolah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif komparasi dan deskriptif kuantitatif. Adapun hasil dari penilitian ini menunjukan bahwa, adanya perbandingan antara penerimaan retribusi pariwisata yang dikelola oleh Pemerintah Daerah dengan disponsori Bank NTT di Kabupaten Ngada. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa, penerimaan retribusi pariwisata di Kabupaten Ngada mengalami peningkatan yang signifikan pada tahun 2022 dan menunjukkan keberhasilan dalam mengelola sektor pariwisata di tengah situasi yang sulit. Pemerintah daerah bertanggung jawab dalam menetapkan kebijakan, melakukan pemantauan dan evaluasi, serta memberikan edukasi kepada masyarakat. Sementara itu, Bank NTT berperan sebagai lembaga keuangan yang menyediakan layanan pembayaran dan sistem pengelolaan yang efisien dan transparan, serta berkontribusi dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan retribusi pariwisata dan mengoptimalkan pengembangan sektor pariwisata. Kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah dengan disponsori oleh Bank NTT menjadi kunci dalam pengelolaan yang efektif dan efisien, serta optimalisasi pengembangan pariwisata yang berkelanjutan di Kabupaten Ngada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Retribusi Pariwisata,Pemerintah Daerah, Bank NTT, Efektivitas, Efisiensi, Perbandingan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S.E Natalia Admana Putri de Rozari
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:55
Last Modified: 04 Aug 2023 04:55
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12908

Actions (login required)

View Item View Item