Pengaruh Sikap Cinta Damai Dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan (Contextual Teaching And Learning) Pada Siswa Kelas XI IPA 3 Sma Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

MARTINS, Marta K. (2019) Pengaruh Sikap Cinta Damai Dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan (Contextual Teaching And Learning) Pada Siswa Kelas XI IPA 3 Sma Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER.pdf

Download (993kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

Pendekatan contextual teaching and learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru untuk mengaitkan antara materi pembelajaran yang diberikan oleh guru dengan fakta dalam kehidupan yang dihadapi oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning(CTL) materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 kupang tahun ajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui sikap cinta damai peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 kupang tahun ajaran 2018/2019.(3) Untuk mengetahui kemampuan verbal peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 kupang tahun ajaran 2018/2019. (4)(a) mengetahui ada tidaknya hubungan sikap cinta damai dengan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran kimia yag menerapkan pendekatan contextual eaching and learning (CTL) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 kupang tahun ajaran 2018/2019. (b) mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan verbal peserta didik dengan hasil belajar dalam pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 kupang tahun ajaran 2018/2019. (c) mengetahui ada tidaknya hubungan sikap cinta damai dan kemampuan verbal peserta didik terhadap hasil belajar dalam pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 kupang tahun ajaran 2018/2019. (5) (a) mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap cinta damai dengan hasil belajar dalam pembelajaran kimia yang menerapka pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (b) mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan verbal terhadap hasil belajar dalam pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 kupang tahun ajaran 2018/2019. (c) mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap cinta damai dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar dalam pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 kupang tahun ajaran 2018/2019. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan assosiatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik. Dari Analisis data dipeoleh:(1) Penerapan pendekatan contextual teaching and learning efektif pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang. (2) Sikap cinta damai peserta didik kelas XI MIA 3 Negeri 5 Kupang, dinyatakan baik dengan presentasi rata-rata 82,5%. (3) Kemampuan verbal peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 84 dan rata-rata TPA yaitu sebesar 670. (4) Adanya hubungan antara sikap cinta damai dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,188 dan nilai koefisien determinansi (D) = 0,35%, serta nilai F���� > F��� atau 3.54 >0.655.(5) Ada pengaruh antara sikap cinta damai dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan contextual teaching ad learning (CTL) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2018/2019, dengan hasil penelitian menunjukan pengaruh sikap cinta damai dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 74,26 + 0,083(X1)+ 0,044(X2) dan nilai F hitung>F tabel atau 3,54 >0,655.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap Cinta Kemampuan Verbal, Model pendekatan contextual teaching and learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Jan 2020 03:24
Last Modified: 21 Jan 2020 03:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1303

Actions (login required)

View Item View Item