Peran Tu'a Adat Sebagai Pemimpin Dalam Upaya Pelestarian Mbaru Niang (Rumah Adat) Di Desa Todo Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai

JENARUNG, Oktaviani Inggriany Megasari (2023) Peran Tu'a Adat Sebagai Pemimpin Dalam Upaya Pelestarian Mbaru Niang (Rumah Adat) Di Desa Todo Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (736kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Tu’a Adat Sebagai Pemimpin Dalam Upaya Pelestarian Mbaru Niang (Rumah Adat) di Desa Todo Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai 1.Bagaimana peran Tu’a Adat sebagai pemimpin Dalam upaya pelestarian Mbaru Niang di desa Todo Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai, yang bertujuan Untuk mengetahui peran Tu’a adat sebagai pemimpin dalam upaya pelestarian Mbaru Niang di desa Todo Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai. Dengan metode penelitian adalah metode penelitan kualitatif subjek penelitian berupa perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, penelitian berlangsung Penelitian ini bertempat di Desa Todo, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai. Hasil dari penelitian ini 1) Kemampuan mengambil keputusan Kemampuan tu’a Adat kampung todo sebagai seorang pemimpin dalam mengambil suatu keputusan 2)Kemampuan memotivasi kemampuan memotivasi dari tu’a adat kampung Todo dalam upaya pelestarian Mbaru Niang.3)Kemampuan mengendalikan,tu’a adat kampung Todo memiliki kemampuan untuk mengendalikan segala bentuk pertikaian yang ada dimasyarakat ada kampung Todo. 4).Tanggung jawab terpeliharanya Mbaru Niang Todo samapai sekarang tentu tidak terlepas dari tanggung jawab tua adat dalam melestarikannya. Tu’a adat kampung todo sangat bertanggung jawab terhadap masyarakat kampung adat Todo juga sangat bertanggung jawab dalam upaya pelestarian Mbaru Niang Todo. 5). Kemampuan komunikasi kemampuan komunikas yang di lakukan oleh Tu’a adat sudah berjalan baik karena selalu mendepankan kepentingan bersama. Dan selalu mendengarkan pendapat masyarakat dalam musyawarah.Pada kemampuan komuikasi tu’a adat selalu menggunakan percakapan yang mudah dipahami. Saran untuk penelitian ini 1) dalam mengambil keputusan tu’a adat perlu menjaga apa yang sudah ada dan mempertahankan sistem musyawarah yang sudah di lakukan selama ini. Agar pengambilan keputusan selalu melibatkan masyarakat dan keputusan yang ambil tidak menilbukan pertentangan. 2)Kemampuan memotivasiTu’a adat perlu menjaga bentuk-bentuk motivasi yang sudah di jalankan selama ini sehingga akan selalu terjaga apa yang sudah ada. Memotivasi melalui tindakan sehari-hari merupakan salah satu yang hal yang patut dipertimbangkan agar segalah sesuatu yang berjalan baik.3)Kemampuan mengendalikanSebagai tu’a adat pengendalian yang di lakukan harus lebih pada diri sendiri agar pengandalian terhadap masyarakat dapat berjalan baik. 4)Tanggung jawab Tanggung jawab yang di lakukan oleh tu’a ada perlu untuk di tingkat namun untuk segala urusan perlunya pendamping/ jubir yang dapat membantu tu”a adat dalam segalah urusan agar semua urusan dapat berjalan baik.5) dalam komunikasi tu’a adat perlu terus meningkatkan caranya bermusyawarah agar selalu terjaga dan tu’a adat memerlukan jubir agar dapat membantu tu’a adat dalam kegiatannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran,Pemimpin,Masyarakat,Mbaru Niang Dan Tu'a Adat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Oktaviani Inggriany Megasari Jenarung
Date Deposited: 11 Aug 2023 04:26
Last Modified: 11 Aug 2023 04:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13034

Actions (login required)

View Item View Item