Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Manggarai Dalam Menarik Wisatawan (Studi Kasus Pada Tempat Wisata Lodok Meler Cancar Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai)

TEN, Alexander Sandyawan (2022) Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Manggarai Dalam Menarik Wisatawan (Studi Kasus Pada Tempat Wisata Lodok Meler Cancar Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini diajukan sebagai skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai Dalam Menarik Wisatawan (Studi Kasus Pada Tempat Wisata Lodok Meler Cancar Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran Tempat Wisata Lodok Meler Cancar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai Dalam Menarik Wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai menggunakan media cetak berupa leaflet yang menjelaskan tempat wisata di Kabupaten Manggarai dan media sosial berupa instagram dengan akun wisata Manggarai, facebook yang bernama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai, dan chanel youtube Disbudpar Manggarai. Dalam akun media sosial ini terdapat postingan berupa foto dan video terkait tempat wisata di Kabupaten Manggarai. Hal-hal ini dilakukan untuk menarik wisatawan. Selanjutnya hasil analisis strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai dalam menarik wisatawan yaitu menggunakan advertising dan public relations sebagai strategi dalam mempromosikan tempat wisata di Kabupaten manggarai. Dalam hal ini advertising digunakan dalam bentuk leaflet dan media sosial. Sedangkan, public relations digunakan untuk membangun kerja sama dengan travel agent dan Kabupaten Manggarai Barat khususnya Labuan Bajo untuk mempromosikan tempat wisata. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggrai dalam mempromosikan tempat wisata yaitu menggunakan advertising dan public relations. Oleh sebab itu, penulis berharap agar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai lebih optimal dalam penggunaan strategi komunikasi pemasaran untuk mempromosikan tempat wisata di Kabupaten Manggarai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Promosi dan Wisata
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom ALEXANDER SANDYAWAN TEN
Date Deposited: 15 Aug 2023 00:18
Last Modified: 15 Aug 2023 00:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13080

Actions (login required)

View Item View Item