Peran Mosalaki Sebagai Pemimpin Transformasi Sosial Dalam Meningkatkan Produksi Hasil panen Berdasarkan Ritual Joka Ju Di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende

NARO, Lidwina Apriliani (2023) Peran Mosalaki Sebagai Pemimpin Transformasi Sosial Dalam Meningkatkan Produksi Hasil panen Berdasarkan Ritual Joka Ju Di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (889kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang “Peran Mosalaki Sebagai Pemimpin Transformasi Sosial Dalam Meningkatkan Produksi Hasil panen Berdasarkan Ritual Joka Ju Di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende “ penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mosalaki sebagai pemimpin transformasi sosial dalam meningkatkan produksi hasil panen berdasarkan ritual adat Joka Ju di Desa Pemo Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende. Menggunakan indikator Kepemimpinan Transformasi Sosial menurut Sunyoto dan Burhanudin 2015 dimana terdapat tiga indikator kepemimpinan transformasi sosial yang menjadi focus penelitian ini yaitu kharismatik, belief, individualis consideration. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari informan, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, artikel yang berkaitan dengan kepemimpinan transformasi sosial. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Mosalaki dan Masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan transformasi sosial dalam meningkatkan produksi hasil panen berdasarkan ritual adat joka ju sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian melalui indikator kepemimpinan transformasi sosial bahwa; Pertama, dari segi kharismatik sudah baik, hal ini dibuktikan dengan masyarakat yang sudah menghormati dan patuh terhadap apa yang diarahkan mosalaki; Kedua, pada indikator belief sudah baik, terlihat dari pemimpin (mosalaki) mempunyai insting atau naluri yang selalu tepat dalam penentuan tanggal dan keberhasilan panen; Ketiga, pada indikator individual sudah baik, hal ini terlihat, pemimpin ikut terlibat dalam pengumpulan bahan dan ikut mengambil bagian dalam setiap rangkaian upacara adat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mosalaki Sebagai pemimpin Transformasi Sosial, Ritual Adat Joka Ju
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP LIDWINA APRILIANI NARO
Date Deposited: 16 Aug 2023 01:10
Last Modified: 16 Aug 2023 01:10
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13091

Actions (login required)

View Item View Item