Optimalisasi Pola Tanam Daerah Irigasi Obor Pada Musim Tanam II Dan III Dengan Tanaman Alternatif Jagung Dan Kacang (Studi Kasus Desa Leun Tolu Kec. Raimanuk Kab. Belu)

MUTI, Jenfiana Filadelvia (2023) Optimalisasi Pola Tanam Daerah Irigasi Obor Pada Musim Tanam II Dan III Dengan Tanaman Alternatif Jagung Dan Kacang (Studi Kasus Desa Leun Tolu Kec. Raimanuk Kab. Belu). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (983kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (63kB)

Abstract

Daerah irigasi Obor terletak di desa Leun Tolu, kecamatan Raimanuk kabupaten Belu. Sumber air untuk jaringan irigasi ini adalah sungai Obor yang disadap melalui sebuah bendung dengan luas area irigasinya 1815 ha. Pola tanam eksisting yang terjadi di daerah irigasi ini adalah jenis tanaman yang ada jagung dan padi, musim tanam maksimum 2 kali, dan kebutuhan air disesuaikan setiap musim tanam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan air tanaman pada setiap musim tanam dengan software cropwatt version 8.0 dan pola tanam yang optimum untuk daerah irigasi Obor. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pengumpulan data dan analisa data untuk mengetahui debit andalan, kebutuhan air irigasi dan pola tanam yang optimum. Berdasarkan hasil analisa menggunakan software Cropwatt version 8.0, Kebutuhan air irigasi untuk setiap masa tanam dan jenis tanaman adalah sebagai berikut: Untuk masa tanam I dengan jenis tanaman padi sebesar 0,342 Ltr/det/ha. Untuk masa tanam II dengan jenis tanaman jagung sebesar 0,2352 Ltr/det/ha. Untuk masa tanam III dengan jenis tanaman sayuran sebesar 0,329 ltr/det/ha. Untuk masa tanam dengan jenis tanaman kacang tanah sebesar 0,366 Ltr/det/ha. Terbentuk pola tanam yang optimum dengan 2 alternatif model tanam yaitu Model tanam I Padi – Jagung – Sayuran dengan kebutuhan air irigasi sebesar 0,329 ltr/det/ha untuk tanaman sayuran dengan debit air 0,376 Ltr/det dan Model tanam II Padi – Jagung – Kacang tanah dengan kebutuhan air irigasi sebesar 0,366 untuk jenis tanaman kacang tanah dengan debit air sebesar 0,366 Ltr/det.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Daerah irigasi, kebutuhan air irigasi, Cropwatt 8.0, Pola tanam
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T JENFIANA FILADELFIA MUTI
Date Deposited: 16 Aug 2023 00:57
Last Modified: 16 Aug 2023 00:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13103

Actions (login required)

View Item View Item