Analisis Dampak Penambangan Pasir Terhadap Kehidupan Ekonomi Masyarakat Penambang Pasir di Desa Noelmina Kecamatan Takari Kabupaten Kupang

DESA, Melkianus (2023) Analisis Dampak Penambangan Pasir Terhadap Kehidupan Ekonomi Masyarakat Penambang Pasir di Desa Noelmina Kecamatan Takari Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (825kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (324kB)

Abstract

Melkianus Desa, NIM 31117069, Skripsi berjudul : “Analisis Dampak Penambangan Pasir Terhadap Kehidupan Ekonomi Masyarakat Penambang Pasir di Desa Noelmina Kecamatan Takari Kabupaten Kupang”.dibawah bimbingan Ibu Emiliana Martuti Lawalu, SE., ME selaku pembimbing I dan Bapak Adrianus Ketmoen, SE., MM selaku pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui gambaran penambang pasir konvensional di Desa Noelmina Kecamatan Takari Kabupaten Kupang 2) Untuk mengetahui sistem penambang pasir konvensional Desa Noelmina Kecamatan Takari Kabupaten Kupang. 3) Untuk mengetahui besar pendapatan penambang pasir konvensional Desa Noelmina Kecamatan Takari Kabupaten Kupang. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif yaitu jenis yang dikumpulkan dalam bentuk observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder berupa wawancara dan dokumentasi pada penambang pasir. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 66 orang penambang pasir yang ada di Desa Noelmina. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang meliputi; dengan perilaku manusia, proses kerja, gejala-gejala alam pada Penambang Pasir di Desa Noelmina Kecamatan Takari Kabupaten Kupang. Hasil Penelitian 1) Pasir merupakan salah satu bahan tambang yang biasa di eksploitasi yang dimanfaatkan sebagai campuran bahan bangunan maupun dijadikan salah satu bahan dalam pembuatan jalan. Penambangan pasir seringkali dilakukan dengan menggunakan sistem pertambangan terbuka, yaitu penambangan terbuka tanpa harus menggali jauh kedalam permukaan tanah. 2) Penambangan pasir secara konvensional atau sederhana yaitu dilakukan menggunaka alat sederhana seperti linggis, cangkul dan sekop. Penambangan ini dilakukan dengan cara berkelompok terdiri dari 4-5 orang. 3) para penambang pasir memanfaatkan sungai Noelmina sebagai mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, pendapatan yang di terima oleh penambang setiap harinya tergantung pada truk yang mengangkut pasir untuk pesanan, yang pendapatan setiapbulannya bias mencapai Rp 2.500.000. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi pemerintah setempat tetap bekerja sama dengan para masyarakat penambang pasir dalam hal menghimbau masyarakat penambang agar tetap tidak melakukan penambangan dipinggiran sungai untuk meminimalisir terjadinya kerusakan tanggul sungai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penambangan Pasir, Kehidupan Ekonomi Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S.E Melkianus desa
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:27
Last Modified: 18 Aug 2023 06:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13146

Actions (login required)

View Item View Item