Pengaruh Sikap Tanggung Jawab Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Pokok Laju Reaksi Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2018 / 2019

TANEHE, Yunita T. (2019) Pengaruh Sikap Tanggung Jawab Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Pokok Laju Reaksi Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2018 / 2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (295kB)
[img] Text
bab IV.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (134kB)

Abstract

Tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya. Motivasi ekstrinsik adalah faktor yang datang dari luar individu tetapi memberi pengaruh terhadap kemauan untuk belajar. Pendekatan Contextual Teaching and Learning adalah konsep belajar yang dapat membantu guru mengaitkan antara materi yang di ajarkannya dengan situasi dunia nyata peserta didik dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok laju reaksi pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019 ? (2) Bagaimana sikap tanggung jawab peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kupang Tengah Tahun pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana motivasi ekstrinsik peserta didik XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kupang Tengah Tahun pelajaran 2018/2019? (4) adakah hubungan Sikap tanggung jawab dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok Laju Reaksi pada peserta didik kelas XI IPA 2SMA Negeri 1 kupang Tengah tahun pelajaran 2018/2019? (5) adakah pengaruh Sikap tanggung jawab dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok Laju Reaksi pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 kupang Tengah tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan utama dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi pokok Laju Reaksi pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019. (2)Mengetahui sikap tanggung jawab peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kupang Tengah Tahun pelajaran 2018/2019. (3) Mengetahui motivasi ekstrinsik peserta didik XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kupang Tengah Tahun pelajaran 2018/2019. (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan sikap tanggung jawab dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi pokok laju reaksi pada peserta didik kelas XI IPA 2 sma negeri 1 kupang Tengah tahun pelajaran 2018/2019. (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap tanggung jawab dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi pokok Laju Reaksi pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA negeri 1 kupang Tengah tahun pelajaran 2018/2019. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning efektif pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun pelajaran 2018/2019 (2) sikap tanggung jawab peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata sikap tanggung jawab sebesar 84,18% (3) motivasi ekstrinsik peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baikdengan persentase sebesar 84,03% (4) ada hubungan yang signifikan antara sikap tanggung jawab dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi pokok laju reaksi pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 kupang Tengah tahun pelajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi = 0,95 dan nilai Fhit > Ftab 14,27 > 3,328 (5) ada pengaruh sikap tanggung jawab dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi pokok laju reaksi pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 kupang Tengah tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi ganda Ŷ = 14,16136+ 0,488830X1+ 0,41026212X2

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Sikap, Tanggung jawab, Motivasi ekstrinsik, dan hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:37
Last Modified: 21 Jan 2020 04:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1315

Actions (login required)

View Item View Item