Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Budaya Tenun Songke Di Desa Golo Rentung Kecamatan Lamba Leda Kabupaten Manggarai Timur

SASNI, Ifoni Mei (2023) Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Budaya Tenun Songke Di Desa Golo Rentung Kecamatan Lamba Leda Kabupaten Manggarai Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (300kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Budaya Tenun Songke Di Desa Golo Rentung Kecamatan Lamba Leda Kabupaten Manggarai Timur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Budaya Tenun Songke Di Desa Golo Rentung Kecamatan Lamba Leda Kabupaten Manggarai Timur. Menggunakan indikator Peran Pemerintah Desa menurut Sumodiningrat(2005:55) dengan memiliki tiga indikator yang menjadi fokos penelitian ini yakni peran sebagai koordinator, Fasilitator dan Stimulator. Jenis penelitian adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala desa dan masayrakat tenun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian ini yaitu peran pemerintah desa jika dilihat dari segi indikator koordinator dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui budaya tenun songke sudah efektif dan efisien dengan adanya pemberian arahan dalam mengkreasikan motif songke serta memilih benang yang berkualitas. sudah efektif dan belum efektif. Efektif karena adanya kerjasama pemerintah desa golo rentung dengan dinas perindagkop dalam memberikan fasilitas seperti alat tenun dan benang serta pemberian pelatihan tentang teknik pencelupan benang. Belum efektif dikarenakan pemerintah desa tidak menindaklanjuti kegiatan teknik pencelupan benang ini sehingga masyarakat kurang paham tentang teknik penncelupan benang tersebut. Dari segi stimulator sudah efektif karena mampu memberikan rangsangan kepada masyarakat tenun dalam mengembangkan usaha tenun mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran pemerintah, Pemberdayaan dan ekonomi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Ifoni Mei Sasni
Date Deposited: 21 Aug 2023 00:52
Last Modified: 21 Aug 2023 00:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13167

Actions (login required)

View Item View Item