Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK St.Agustinus Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

SAPUTRA, Frumensius D. (2019) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK St.Agustinus Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (124kB)

Abstract

Mengingat bahwa pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia maka dalam hal ini pemerintah telah mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan. Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan, salah satu diantarnya yaitu perbaikan kurikulum. Namun kenyataan yang terjadi berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMPK St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang, adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik dan merupakan menjadi masalah utama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPK St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment, dengan desain peenelitian Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model discovery learning mengalami peningkatan hal ini terlihat dari rata-rata pretest yaitu 57,83 dan pada posttest meningkat menjadi 79,35, sedangkan pada kelas pembelajaran langsung juga meningkat terlihat dari rata-rata nilai pretest yaitu 46,82 dan pada posttest meningkat menjadi 66,14. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh dari penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil uji one way-anacova diperoleh nilai signifikan 0,001 atau lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa, penerapan model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPK St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang, pada materi poko sistem pencernaan makanan pada manusia tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 21 Jan 2020 05:22
Last Modified: 21 Jan 2020 05:22
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1319

Actions (login required)

View Item View Item