Evaluasi Penerapan Sistem Dan Prosedur Akuntansi Aset Tetap Peralatan Dan Mesin Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Kupang

HIBU, Nikson Adrianus (2023) Evaluasi Penerapan Sistem Dan Prosedur Akuntansi Aset Tetap Peralatan Dan Mesin Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (916kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (434kB)

Abstract

Nikson Adrianus Hibu, NIM 33118113, dengan judul Skripsi “Evaluasi Penerapan Sistem dan Prosedur Akuntansi Aset Tetap pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kupang” Dibawah bimbingan Ibu Dr. Yolinda Yanti Sonbay, SE.M.Sc sebagai pembimbing I dan Ibu Maria O. V. Moi, SE.,M.Sc sebagai pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah Penerapan Sistem dan Prosedur Akuntansi Aset Tetap Telah Sesuai Dengan Permendagri Nomor 47 Tahun 2021. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Penerapan Sistem dan Prosedur Akuntansi Aset Tetap Telah Sesuai Dengan Permendagri Nomor 47 Tahun 2021. Penelitian ini dilakukan pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kupang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini. Terdiri atas 2 jenis yaitu data menurut sumber dan jenis data menurut sifatnya. Data menurut sumber terdiri dari data primer dan data sekunder, jenis data menurut sifatnya terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kupang selaku pengelolah pembantu telah melaksanakan pengelolaan aset dalam kepengurusan aset tetap . penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa proses pembukuan aset tetap pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kupang sudah terlaksana secara optimal dan efektif sesuai dengan permendagri Nomor 47 Tahun 2021, dan untuk proses inventarisasi aset tetap pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kupang sudah terlaksana secara optimal dan evektif sesuai dengan Permendagri Nomor 47 Tahun 2021, namun terdapat kendala dalam segi inventarisasi yaitu, sumberdaya manusia yang kurang kompeten, SDM yang kurang kompeten seperti, potensi pendidikan, pengalaman kerja dan pelatihan membuat inventarisasi tidak berjalan dengan baik sehingga berdampak pada proses pelaporan aset tetap, sedangkan untuk pelaporan aset tetap pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kupang sudah terlaksana secara optimal dan efektif sesuai dengan Pemendagri No. 47 Tahun 2021. Dari 14 dokumen yang dibutukan semuanya ada, sehingga pengelolaan aset tetap pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kupang sepenuhnya sesuai Permendagri No. 47 Tahun 2021. Dari hasil penelitian disarankan kepada Badan Pengelolaan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Kupang diharapkan agar setiap pegawai khususnya pada bidang aset Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Kupang untuk meningkatkan kepedulian untuk mengurus barang milik daerah atas aset tetap yang berada pada SKPD yang bersangkutan, hal ini beguna agar pegawai saling bekerja sama dan memiliki rasa kepedulian yang tinggi untuk sama-sama menjaga serta merawat aset tetap milik daerah agar tetap terjaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aset Tetap, Pembukuan, Inventarisasi dan Pelaporan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Nikson Adrianus Hibu
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:58
Last Modified: 28 Aug 2023 06:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13326

Actions (login required)

View Item View Item