Analisis Pengelolaan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Dan Sistem Informasi Pengelola Keuangan Daerah (SIPKD) Pada Badan Keuangan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur

DA LOPEZ, Stanislaus Claudio (2023) Analisis Pengelolaan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Dan Sistem Informasi Pengelola Keuangan Daerah (SIPKD) Pada Badan Keuangan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (214kB)

Abstract

Stanislaus Claudio da Lopez, NIM 33118046, dengan judul “ Analisis Penerapan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Dan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) Pada Badan Keuangan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur “ . Dibawah bimbingan Ibu Dr.Yolinda Yanti Sonbay,SE.,M.Sc selaku pembimbing I dan Ibu Maria Goreti Malut, SE.,MM selaku pembimbing II. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana Penerapan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) Pada Badan Keuangan Daerah Provinsi NTT? 2) Apa saja kelemahan dan keungulan Sistem Informasi Pemerintah (SIPD) dan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) pada Badan Keuangan Daerah Provinsi NTT? Tujuan yang ingin dicapai dari penulis adalah untuk mengetahui dan menganalisis penerapan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dan sistem informasi pengelolaan keuangan daerah (SIPKD) dan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan Sistem Informasi Pemerintah (SIPD) dan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) pada Badan Keuangan Daerah Provinsi NTT. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data menurut sifat dan data menurut sumber . teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada badan keuangan daerah bagian akuntansi dan pelaporan provinsi Nusa Tenggara Timur terkait analisis penerapan sistem informasi pemerintah daerah dan sistem informasi pengelolaan keuangan daerah pada BKD provinsi NTT belum berjalan dengan baik sesuai dengan Permendagri No 77 Tahun 2020 Tentang Padoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah. Terdapat kelemahan dan keunggulan dimana pada SIPKD pemda memiliki backup database anggaran dan belanja daerah dan SIPD yaitu pemda tidak memiliki backup data karena dilihat dari server semua masih terpusat pada server mendagri. Sehingga pemda menerapkan kedua sistem tersebut dalam menerapkan regulasi Permendagri No 77 Tahun 2020 Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah. Pemerintah pusat sudah meluncurkan sistem SIPD di lihat dari server masih terpusat sehingga daerah mengalami kesulitan dalam mengatur setiap database yang ada pada Pemerintah Provinsi NTT. Sehingga perlu diotorisasi setiap Pemerintah Daerah khusus Provinsi NTT memiliki kewenangan dalam melakukan backup database APBD dari setiap periode akuntansi. Badan Keuangan Daerah Bagian Akuntansi dan Pelaporan Provinsi NTT Pemerintah Provinsi NTT perlu berkomitmen dan terus melakukan uji coba terhadap implementasi SIPD karena data yang di proses sangat banyak. Perlu meningkatkan kapasitas SDM dengan mengadakan BIMTEK atau mempunyai HELPDESK SIPD di Provinsi NTT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi SIPKD, aplikasi SIPD
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Stanislaus claudio da lopez
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:23
Last Modified: 28 Aug 2023 03:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13327

Actions (login required)

View Item View Item