Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Energi Dan Usaha Pada Peserta Didik Kelas VIII-V Semester Ganjil SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018

LEO, Antonia Motu (2017) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Energi Dan Usaha Pada Peserta Didik Kelas VIII-V Semester Ganjil SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
Abtraks.pdf

Download (987kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (575kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (18kB)

Abstract

Discovery Learning merupakan suatu model untuk mengembangkan cara belajar peserta didik aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan tidak akan mudah dilupakan peserta didik. Masalah umum dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil penerapan model pembelajaran discovery learning materi pokok Energi dan Usaha pada peserta didik kelas VIII-V SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018? Secara terperinci permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Discovery Learning? (2) Bagaimana ketuntasan Indikator Hasil Belajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Discovery learning? (3) Bagaimana Ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning? (4) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah “Mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran Discovery Learning materi pokok Energi dan Usaha pada peserta didik kelas VIII-V SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Secara terperinci dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning (2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning (3) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning (4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VIII-V SMP Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 26 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah bahan ajar peserta didik, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, kisi-kisi dan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, tes dan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan discovery learning materi pokok Energi dan Usaha, tes hasil belajar (produk, afektif dan psikomotor) dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, persentase, dan proporsi. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif data penelitian diperoleh bahwa secara umum penerapan model pembelajaran discovery learning adalah baik untuk materi pokok Energi dan usaha pada peserta didik kelas VIII-V SMP Negeri 1 Kupang yang berjumlah 26 orang. Secara terperinci diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran fisika materi pokok Energi dan usaha yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran adalah baik. Indikator hasil belajar yang disiapkan sebanyak duabelas indikator produk semuanya tuntas. Hasil belajar peserta didik secara kelas dikatakan tuntas pada aspek produk, afektif, psikomotor serta respon peserta didik sehingga penerapan model pembelajaran pada materi pokok energi dan usaha adalah baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, Indikator hasil belajar,hasil belajar, respon peserta didik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 22 Jan 2020 03:29
Last Modified: 22 Jan 2020 03:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1351

Actions (login required)

View Item View Item