Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Dan Kompetensi Aparatur Desa Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus Di Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo)

JOU, Maria Angela (2023) Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Dan Kompetensi Aparatur Desa Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus Di Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (430kB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Maria Angela Jou (33118197) Program Studi Akntansi dengan pembimbing I Ibu Dr. Yolinda Yanti Sonbay, SE..,M. Sc dan pembimbing II Pak Leopold M.T. Dawu, SE..,MM dengan judul skripsi “Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi dan Kompetensi Aparatur Desa Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus di Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo)”. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah penerapan teknologi informasi dan kompetensi aparatur desa berpengaruh secara parsial terhadap kualitas laporan keuangan? Apakah penerapan teknologi informasi dan kompetensi aparatur desa berpengaruh secara simultan terhadap kualitas laporan keuangan?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan pendekataan survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 12 desa di Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo khususnya aparatur yang berkaitan dengan aplikasi SISKEUDES. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus solvin dengan ukuran sampel sebanyak 54 kuesioner, namun jumlah kuesioner yang diterima kembali dan dapat diolah hanya sebanyak 48 kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil Analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa Penerapan Teknologi Informasi (X1) dan Kompetensi Aparatur Desa (X2) berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Y). Hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel Penerapan teknologi informasi dan kompetensi aparatur desa berpengaruh secara parsial positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keangan di Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo. Hasil uji simultan (uji F) menunjukkan variabel Penerapan teknologi informasi dan kompetensi aparatur desa secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan di Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo. Hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,491 hal ini mengandung arti bahwa pengaruh variabel X1 dan X2 secara simultan (bersama-sama) terhadap variabel Y adalah sebesar 49,1% dengan sisanya 50% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah memperluas sampel penelitian dan menambah variabel penelitian yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan sedangkan untuk pemerintah di Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo agar dapat meningkatkan penerapan teknologi informasi dalam hal ini menambah leptop sesuai dengan kebutuhan serta menyediakan jaringan yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Teknologi Informasi (Aplikasi SISKEUDES), Kompetensi Aparatur Desa, Kualitas Laporan Keuangan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Maria Angela Jou
Date Deposited: 31 Aug 2023 00:15
Last Modified: 31 Aug 2023 00:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13524

Actions (login required)

View Item View Item