Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Berbagai Tipe Kepribadian Yang Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Ikatan Kimia Siswa Kelas X MIA Semester Ganjil SMA Negeri 1 Taebenu Tahun Ajaran 2017/2018

KUNG, Marta Helena Horet (2017) Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Berbagai Tipe Kepribadian Yang Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Ikatan Kimia Siswa Kelas X MIA Semester Ganjil SMA Negeri 1 Taebenu Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)

Abstract

Kepribadian adalah ciri atau karakteristik atau gaya atau sifat khas dari diri seseorang yang bersumber dari bentukan-bentukan yang diterima dari lingkungan. Pembelajaran kooperatif merupakan sistem pembelajaran yang memberi kesempatan kepada anak didik untuk bekerja sama dengan sesama siswa dalam tugas-tugas terstruktur. Model jigsaw merupakan model belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai dengan enam orang secara heterogen. Siswa bekerja sama saling ketergantungan positif dan bertanggung jawab secara mandiri. Kesulitan yang dialami peserta didik dalam pembelajaran adalah penguasaan materi. Kurangnya kemampuan untuk memecahkan masalah yang diberikan oleh guru dan beberapa siswa cenderung kurang berminat serta pasif selama pembelajaran kimia berlangsung.Hal ini terlihat dari kebanyakan siswa yang menjawab pertanyaan dengan hanya sekedar mengulang apa yang diucapkan guru.Tujuan dari penellitian ini yaitu: (1) Mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw materi pokok Ikatan Kimia siswa kelas X MIA1-2 SMA Negeri 1 Taebenu tahun ajaran 2017/2018. (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang dilihat dari tipe kepribadian yang dimiliki oleh siswa dengan menerapka model pembelajaran koperatif tipe Jigsaw pada materi pokok Ikatan Kimia siswa kelas X MIA1-2SMA Negeri 1 Taebenu tahun ajaran 2017/2018. (3) Mengetahui Ada perbedaan hasil belajar siswa pada berbagai tipe kepribdian siswa kelas X MIA1-2SMA Negeri 1 Taebenu tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan komparatif. Yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi kelas X MIA SMA Negeri 1 Taebenu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw, lembar sikap spiritual siswa, lembar sikap sosial siswa, Tes Hasil Belajar (THB), lembar pengamatan kemampuan psikomotor siswa, angket tipe kepribadian peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan komparatif. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw termasuk dalam kategori baik dengan skor 3,67. Ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw adalah tuntas dengan rincian untuk keempat aspek: (a) aspek sikap spiritual dengan skor rata-rata 82,56 (b) Aspek sikap sosial dengan skor rata-rata 82,65 (c) Aspek kognitif tuntas dengan skor 82,15, (d) Aspek psikomotor tuntas dengan skor 82,77. (2) Siswa kelas X MIA 1 dan 2 SMA Negeri1 Taebenu yang memiliki 20 siswa dengan tipe kepribadian introvert, 31 siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert, (3) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada berbagai tipe kepribadian yang menerapkan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif pada materi pokok ikatan kimia SMA Negeri 1 Taebenu tahun ajaran 2017/2018 dengan harga T hitung = 6,14 dengan taraf kesalahan 5 % dan ttabel = 2,01, karena T hitung ≥ t table atau 6,14 ≥ 2,01 maka Ho di tolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tipe Kepribadian, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 23 Jan 2020 03:34
Last Modified: 23 Jan 2020 03:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item View Item