Fungsi Okomama Sebagai Alat Mediasi Dalam Penyelesaian Konflik Di Desa Benlutu Kecamatan Batu Putih Kabupaten Timur Tengah Selatan

MANIKIN, Maria Clarita (2023) Fungsi Okomama Sebagai Alat Mediasi Dalam Penyelesaian Konflik Di Desa Benlutu Kecamatan Batu Putih Kabupaten Timur Tengah Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (774kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Fungsi Okomama sebagai alat Mediasi dalam Penyelesaian Konflik di Desa Benlutu Kecamatan Batu putih Kabupaten Timor Tengah Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Fungsi Okomama sebagai alat Mediasi dalam penyelesaian konflik dan faktor penghambat serta penunjang apa saja yang dapat mempengaruhi fungsi Okomama sebagai alat Mediasi dalam penyelesaian konflik tersebut. teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Mediasi menurut Garry Goodpaster (1995) dengan 4 indicator yaitu tahap pembentukan forum, pengumpulan dan pembagian informasi, penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuallitatif. Fokus penelitian menggunakan 4 indikator yaitu tahap pembentukan forum, pengumpulan dan pembagian informasi, penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat di Desa Benlutu sampai dengan saat ini masih menggunakan media Okomama sebagai alat Mediasi dalam penyelesaian konflik. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan, maka penulis mengajukan saran saran sebagai berikut : Masyarakat di Desa Benlutu harus tetap mempertahankan budaya Okomama karena budaya ini merupakan salah satu budaya yang masih sangat kental digunakan. Nilai-nilai kekeluargaan dan keakraban yang terkandung dalam Budaya Okomama ini harus diadopsi ke pemerintahan agar dapat menciptakan lingkungan kerja yang baik dan penuh kekeluargaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Okomama, penyelesaian konflik, Mediasi, Desa Benlutu
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Maria Clarita manikin
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:13
Last Modified: 04 Sep 2023 07:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13624

Actions (login required)

View Item View Item