Implementasi Pengolahan Citra Untuk Melihat Hasil Perbandingan Kepudaran Warna Pada Kain Tenun Malaka Dengan Menghitung Nilai Mse Dan Psnr Menggunakan Histogram Equalization

BERE, Maria Vianey Mega (2023) Implementasi Pengolahan Citra Untuk Melihat Hasil Perbandingan Kepudaran Warna Pada Kain Tenun Malaka Dengan Menghitung Nilai Mse Dan Psnr Menggunakan Histogram Equalization. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (153kB)

Abstract

Kain Tenun Malaka adalah salah satu dari sekian banyaknya kain tradisional yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kain-kain tenun itu sendiri memiliki makna, nilai, keindahan, warna dan motifnya masing-masing, begitupun dengan kain tenun Malaka.Cara pembuatan kain tenun dilakukan dengan dua cara yaitu yang menggunakan pewarna alami dan yang kedua menggunakan pewarna buatan. Terlepas dari berbagai nilai dan keindahannya dampak yang dapat terjadi jika kain yang menggunakan pewarna alami terkena atau terkontaminasi dengan deterjen akan menyebabkan hilangnya motif yang diinginkan, warna kain cepat pudar, kualitas benang tidak tahan lama, dan dapat mengurangi warna atau nilai estetik dari kain tenun itu sendiri. Sementara itu berkaitan dengan kain tenun yang menggunakan pewarna buatan bahan dasar warnanya menggunakan pewarna merek wantex.Untuk mendeteksi kepudaran warna pada kain Tenun Malaka, maka dalam penelitian inidibuat perbandingan implementasi pengolahan citra untuk mengambil data citra kain tenun yang berbahan dasar pewarna alami dan pewarna buatan serta dapat menghitung penurunan warna pada kain tenun berupa nilai MSE dan PSNR dalam bentuk kanel citra, histogram, dan nilai RGB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kain Tenun Malaka, Pengolahan Citra MSE, PSNR dan Histogram Equalization.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Ilmu Komputer
Depositing User: S.Kom Maria Vianey Mega Bere
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:47
Last Modified: 04 Sep 2023 01:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13625

Actions (login required)

View Item View Item