Prosedur Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Kantor Badan Layanan Umum Daerah Sistem Penyediaan Air Minum (BLUD SPAM) Provinsi NTT

WODON, Maria Permatasari Wulandari (2023) Prosedur Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Kantor Badan Layanan Umum Daerah Sistem Penyediaan Air Minum (BLUD SPAM) Provinsi NTT. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (162kB)

Abstract

Surat merupakan suatu sarana penyampaian pesan secara tertulis dari komunikator kepada komunikan untuk tujuan tertentu. Pesan yang disampaikan berisi tentang informasi pernyataan, permintaan, pertanyaan, pemberitahuan, sanggahan, penawaran atau laporan pemikiran. Komunikator ataupun komunikan dapat berupa instansi atau perusahaan, pegawai, pelanggan, ataupun pihak lain yang berkepentingan dengan instansi atau perusahaan. Dalam arti luas surat juga mencakup formulir yang sudah diisi, surat-surat berharga, dokumen dan sesuatu yang mengandung informasi serta dapat digunakan untuk memperlancar komunikasi. Dalam suatu organisasi atau perusahaan surat menurut prosedur pengurusannya dibagi menjadi dua yaitu surat masuk dan surat keluar. Surat masuk adalah semua jenis surat yang diterima instansi lain maupun perorangan, dengan menggunakan buku pengirim, sedangkan surat keluar adalah surat yang sudah lengkap, bernomor, berstempel dan telah ditanda tangani oleh pejabat yang berwenang yang dibuat oleh suatu instansi, kantor atau lembaga untuk ditujukan atau dikirim kepada instansi, kantor, atau lembaga lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Prosedur Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Kantor Badan Layanan Umum Daerah Sistem Penyediaan Air Minum (BLUD SPAM) Provinsi NTT. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, berdasarkan hasil wawancara dan observasi langsung di lapangan dan menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan beserta wawancara bersama para staf kantor dan mendokumentasi. Teknik analisi data berupa reduksi data, sajian data dan teknik keabsahan data. Dari hasil penelitian di Kantor Badan Layanan Umum Daerah Sistem Penyediaan Air Minum (BLUD SPAM) Provinsi NTT. Prosedur Pengelolaan Surat Masuk terdapat beberapa tahapan yaitu penerimaan surat, pengarahan surat, penilaian surat, pencatatan surat, penyampaian surat sedangkan Prosedur Pengelolaan Surat Keluar terdapat beberapa tahapan yaitu penyiapan konsep, pengelompokan surat, pencatatan surat, pendistribusian surat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prosedur, Pengelolaan, Surat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Maria Permatasari Wulandari Wodon
Date Deposited: 04 Sep 2023 23:45
Last Modified: 04 Sep 2023 23:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13678

Actions (login required)

View Item View Item