Pola Komunikasi Ibu Rumah Tangga Dalam Pengambilan Keputusan Dalam Keluarga (Studi Kasus Pada Ibu Rumah Tangga Di Desa Pogo Tena, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya)

LADI, Fransiskus (2023) Pola Komunikasi Ibu Rumah Tangga Dalam Pengambilan Keputusan Dalam Keluarga (Studi Kasus Pada Ibu Rumah Tangga Di Desa Pogo Tena, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (993kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (469kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pola Komunikasi Ibu Rumah Tangga Dalam Pengambilan Keputusan Dalam Keluarga (Studi Kasus Pada Ibu Rumah Tangga di Desa Pogo Tena, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui pola komunikasi ibu rumah tangga dalam pengambilan keputusan di dalam kehidupan keluarga di Desa Pogo Tena, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya. Tulisan ini berangkat dari pemahaman bahwa keputusan dalam keluarga biasanya banyak diambil oleh ayah sebagai kepala keluarga sedangkan ibu bertindak sebagai pendukung dalam keluarga. Ibu tidak memiliki kontrol atas dirinya sendiri melainkan dikendalikan oleh ayah yang memiliki kedudukan superior dalam keluarga. Karena itu, peneliti hendak mengkaji lebih dalam tentang pola komunikasi ibu rumah tangga dalam pengambilan keputusan di keluarga, agar dapat memberi pengetahuan bagi masyarakat Sumba pada umumnya dan masyarakat Sumba Barat Daya secara khusus. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian adalah studi kasus, jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskripsi kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan Verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola pengambilan keputusan ibu rumah tangga dalam komunikasi keluarga adalah pola komunikasi fungsional dengan tipe komunikasi keluarga konsensual dan pola komunikasi disfungsional dengan tipe komunikasi keluarga protektif. Pola komunikasi disfungsional menjadi pola komunikasi dominan dalam pengambilan keputusan ibu rumah tangga dalam keluarga karena dipengaruhi oleh hierarki kekuasaan dalam keluarga dimana ayah yang memiliki kedudukan paling tinggi yang dapat mempengaruhi seluruh anggota keluarga dan pengambilan keputusan memerlukan persetujuan total dari ayah sebagai kepala keluarga. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa terdapat dua pola komunikasi ibu rumah tangga dalam pengambilan keputusan dalam keluarga yaitu pola komunikasi fungsional dengan tipe konsensual dan pola komunikasi disfungsional dengan tipe protektif. Agar dapat memiliki peran dan kedudukan yang sama dalam keluarga ialah semua pihak baik itu ibu rumah tangga, ayah dan anak-anak harus memiliki pemahaman akan pentingnya memiliki kedudukan, hak dan peranan yang sama demi terjaga dan berjalanya roda kehidupan keluarga yang harmonis dan baik. Ketiga komponen ini menjadi elemen yang harus saling melengkapi dengan tanggung jawab masing-masing, dengan terbagunya kedudukan, peranan dan hak yang sama dan seimbang dalam keluarga akan membantu keluarga tetap hidup rukun dan harmonis serta tidak akan melahirkan perpecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Pola Komunikasi, Pola Komunikasi Ibu Rumah Tangga, Pengambilan Keputusan. Komunikasi, Pola Komunikasi, Pola Komunikasi Ibu Rumah Tangga, Pengambilan Keputusan. Komunikasi, Pola Komunikasi, Pola Komunikasi Ibu Rumah Tangga, Pengambilan Keputusan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Fransiskus Ladi
Date Deposited: 06 Sep 2023 00:15
Last Modified: 06 Sep 2023 00:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13764

Actions (login required)

View Item View Item