Perencanaan Jaringan Distribusi Air Bersih Menggunakan Epanet 2.0 Desa Tapenpah, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara

MOKOS, Maria Irmina (2023) Perencanaan Jaringan Distribusi Air Bersih Menggunakan Epanet 2.0 Desa Tapenpah, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (174kB)

Abstract

Air menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, dimana terpenuhnya kebutuhan tersebut akan berdampak dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Desa Tapenpah adalah salah satu desa yang terletak di kecamatan Insana dengan suplai bersih yang belum memadai, dikarenakan jaringan perpipaan yang bersumber dari sungai sering bermasalah dan terdapat beberapa masyarakat yang belum terjangkau sehingga perlu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut, dengan membuat sistem pendistribusian air bersih yang bersumber dari sumur bor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan tujuan dari penelitian ini yakni menghitung kebutuhan air, merencanakan sistem distribusi air bersih dan mengetahui kondisi hidrolis jaringan perpipaan air bersih menggunakan software Epanet 2.0. Hasil analisa proyeksi jumlah penduduk untuk 10 tahun ke depan menggunakan metode geometrik sebanyak 1291 jiwa dan kebutuhan air bersih Desa Tapenpah pada tahun 2032 sebesar 1.171 l/d. Pipa yang digunakan adalah jenis pipa HDPE dengan diameter 3, 2, dan 1 inchi dengan panjang sesuai dengan titik. Reservoir berbentuk persegi panjang dengan dimensi 7,5 x 7,5 x 5,3 meter, kemudian pendistribusian menggunakan bantuan pompa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Air bersih, sumur bor, proyeksi penduduk, Epanet 2
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T Maria Irmina Mokos
Date Deposited: 09 Sep 2023 13:14
Last Modified: 09 Sep 2023 13:14
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13856

Actions (login required)

View Item View Item