Analisis Indeks Parkir Di Ruas Jalan Cak Doko (Simpang Tiga Jalan Nangka - Simpang Tiga Jalan Meranti)

SETIAWAN, Yohanes (2022) Analisis Indeks Parkir Di Ruas Jalan Cak Doko (Simpang Tiga Jalan Nangka - Simpang Tiga Jalan Meranti). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (326kB)

Abstract

Perparkiran merupakan masalah yang sering di jumpai dalam sistem transportasi perkotaan.Menurut PedomanTeknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, kebutuhan parkir yang tidak terpenuhi inilah yang dapat menimbulkan masalah lalulintas karena penggunaan badan jalan untuk kebutuhan parkir on street parking dengan kata lain akan mengakibatkan kemacetan karena terganggunya fungsi jalan.Ruas jalan yang terlihat memiliki tingkat kepadatan yang cukup tinggi antara lain di Jalan Cak Doko, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang. Di katakana cukup padat karena indicator kepadatan adalah kerapatan di bagi dengan jarak antar kendaraan yang relative rapat. Dari fenomena yang terjadi, penulis ingin menemukan pemecahan terhadap masalah yang ditimbulkan akibat factor lahan parkir yang masih minim di beberapa unit usaha yang menyebabkan kemacetan, menurunnya kecepatan, lebar efektif dan kapasitas jalan kecil sehingga penulis mengambil judul “Analisis Indeks Parkir Di Ruas Jalan Cak Doko”ini. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai indeks parkir di ruas jalan cak doko dan menentukan kebutuhan luas parkir berdasarkan indeks parkir kendaraan. Data yang digunakan adalah data primer yang terdiri dari jumlah kendaraan yang parkir dan luas lahan parkir, sedangkan data sekunder yang digunakan adalah standar SRP minimal dari tiap unit usaha. Berdasarkan analisa dan pengamatan langsung dilapangan menunjukan bahwa indeks parkir kendaraan roda 2 dan kendaraan roda 4 disetiap unit usaha <1,artinya fasilitas parkir tidak bermasalah, dimana kebutuhan ruang parkir tidak melebihi daya tampung atau kapasitas normal. Jika indeks parkir dari hasil penelitian > 1, artinya fasilitas parkir yang tersedia tidak dapat menampung jumlah kendaraan yang parkir atau melebihi daya tampung atau kapasitas normal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai Indeks Parkir, Kebutuhan Lahan Parkir.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T YOHANES SETIAWAN
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:27
Last Modified: 11 Sep 2023 01:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13942

Actions (login required)

View Item View Item