Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Calon Imam Seminari Menengah Santo Rafael Oepoi-Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

MANIPADA, Mikael Markus Paskalis (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Calon Imam Seminari Menengah Santo Rafael Oepoi-Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (129kB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha atau kegiatan yang dijalani dengan sengaja, teratur dan berencana dengan maksud mengubah atau mengembangkan perilaku yang diinginkan. Sekolah sebagai lembaga formal merupakan sarana dalam rangka mencapai tujuan pendidikan tersebut. Melalui sekolah, siswa mampu belajar berbagai macam hal yang dapat membantu mengembangkan kemampuannya dan memperoleh prestasi kedepannya. Proses belajar di sekolah adalah proses yang sifatnya kompleks dan menyeluruh. Banyak orang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi tinggi dalam belajar, seseorang harus memiliki kecerdasan intelektual (IQ) yang tinggi, karena inteligensi merupakan bakat potensial yang memudahkan dalam belajar dan pada gilirannya akan menghasilkan prestasi belajar yang optimal. Menurut Binet dalam W. S Winkel, hakikat inteligensi adalah “kemampuan untuk menetapkan dan mempertahankan suatu tujuan, mengadakan penyesuaian dalam rangka mencapai tujuan itu, dan untuk menilai keadaan secara kristis dan objektif”. Kenyataan dalam proses belajar mengajar di sekolah sering ditemukan siswa yang tidak dapat meraih prestasi yang setara dengan kemampuan inteligensinya. Ada siswa yang mempunyai kemampuan inteligensi tetapi memperoleh prestasi yang relatif rendah, namun ada siswa yang walaupun kemampuan inteligensinya relatif rendah, dapat meraih prestasi yang relatif tinggi. Itu sebabnya taraf inteligensi bukan merupakan satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada pengaruh secara parsial dari kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Seminari St. Rafel Oepoi Kupang tahun ajaran 2016/2017, ada pengaruh secara parsial kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Seminari St. Rafael Oepoi Kupang xii Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan pustaka dengan teknik analisis statistik yang digunakan adalah analisis produk momen dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Seminari St. Rafael Oepoi Kupang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes prestasi belajar yang telah diuji validitasnya. Analisis data yang dilakukan menggunakan program Ms. Exel for windows. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan secara parsial dari dari kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar. Hal itu terbukti dengan nilai thitung = 0.950 ttabel = 0.374; (2) Ada pengaruh yang signifikan secara parsial dari kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Ada pengaruh yang signifikan dari kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar XI SMA Seminari St. Rafael Oepoi Kupang tahun ajaran 2016/2017, dengan besar sumbangan relative kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika adalah 91%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Filsafat > Program Studi Ilmu Filsafat
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 24 Jan 2020 01:02
Last Modified: 24 Jan 2020 01:02
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1396

Actions (login required)

View Item View Item