PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI KARIR MENURUT PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMILIHAN JURUSAN STUDI (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas X SMAK Sint. Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018)

Geong, Kornelius J. (2018) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI KARIR MENURUT PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMILIHAN JURUSAN STUDI (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas X SMAK Sint. Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018). In: PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI KARIR MENURUT PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMILIHAN JURUSAN STUDI (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas X SMAK Sint. Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018). Program Studi bimbingan dan Konseling.

[img] Text
ABSTRACK.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
Official URL: http://repository.unwira.ac.id/cgi/users/home?scre...

Abstract

Judul skripsi: Pengaruh Pemberian Layanan Informasi Karir Menurut Persepsi Siswa Terhadap Pemilihan Jurusan studi (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas X SMAK Sint. Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018). Masalah penelitian adalah Apakah ada Pengaruh Pemberian Layanan Informasi Karir Menurut Persepsi Siswa Terhadap Pemilihan Jurusan studi siswa kelas X SMAK Sint. Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan informasi karir menurut persepsi siswa terhadap pemilihan jurusan studi pada siswa kelas X SMAK Sint. Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah: variabel bebas (X) Pemberian Layanan Informasi Karir menurut persepsi siswa dan variabel terikat (Y) Pemilihan Jurusan Studi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAK Sint. Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 30 orang, sedangkan sampel yang di ambil adalah sampel populasi dengan jumlah sampelnya sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tertulis dan alat pengumpul data yaitu angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persamaan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Pemberian Layanan Informasi Karir Menurut Persepsi Siswa Terhadap Pemilihan Jurusan Studi siswa kelas X SMAK Sint. Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan Fhitung: 7,53 lebih besar dari Ftabel : 5,45. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) yang berbunyi tidak ada pengaruh Pemberian Layanan Informasi Karir Menurut Persepsi Siswa Terhadap Pemilihan Jurusan Studi siswa kelas X SMAK Sint. Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018 ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh Pemberian Layanan Informasi Karir Menurut Persepsi Siswa Terhadap Pemilihan Jurusan Studi siswa kelas X SMAK Sint. Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala sekolah selaku pimpinan dan penanggungjawab sekolah agar mendukung dan memotivasi kegiatan layanan BK di sekolah khususnya layanan informasi karir untuk membantu siswa dalam pemilihan jurusan studi yang baik dan tepat. b) Guru BK diharapkan agar lebih berperan aktif dalam memberikan berbagai informasi karir kepada siswa, sehingga siswa dapat memilih jurusan studi sesuai bakat, minat dan kemampuan. c) Siswa disarankan untuk memanfaatkan layanan informasi karir yang dilaksanakan oleh sekolah, agar siswa mampu melakukan pemilihan jurusan studi sesuai bakat, minat, dan kemampuannya.

Item Type: Book Section
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 03 Aug 2019 01:21
Last Modified: 03 Aug 2019 01:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item View Item