Keanekaragaman Dan Kelimpahan Jenis Gasteopoda Di Zona Intertidal Pantai Motadikin Desa Fahiluka Kecamatan Kabupaten Malaka

BRIA, Yulius Seran (2023) Keanekaragaman Dan Kelimpahan Jenis Gasteopoda Di Zona Intertidal Pantai Motadikin Desa Fahiluka Kecamatan Kabupaten Malaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)

Abstract

Pantai Motadikin merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kabupaten Malaka, tepatnya di Desa Fahiluka, Kecamatan Malaka Tengah. Pantai Motadikin selain sebagai salah satu objek wisata Pantai ini juga memiliki potensi alam yang melimpah salah satunya adalah Gatropoda. Di Pantai Motadikin ada berbagai aktivitas yang dilakukan yakni: (1). Sebagai lokasi eksploitasi biota laut, (2). Pangakalan nelayan, (3). Penangkapan biota laut. Karena adanya ketiga aktitivitas itu maka bisa menyebabkan tekakan populasi biota laut termasuk Gastropoda oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan data pada kondisi habitat seperti itu perlu dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat supaya diketahui. Penelitian ini telah dilaksanakan di zona intertidal Pantai Motadikin Desa Fahiluka, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka dengan metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Cara pengambilan data dengan membuat garis trensek dan letakan plot sebagai titik pengamat kumpulkan jenis-jenis lalu dikoleksi gastropoda yang ada pada plot. Cara analisis data dengan mencocokan spisimen gastropoda dengan gamabar. Pada bagian hasil penelitian diketahui 12 spesies dengan jumlah individu 499 gastropoda.Tingkat keanekaragaman gastropoda tergolong dalam kategori sedang yaitu: 1,033(H). Tingkat kelimpahan gastropoda tertinggi terdapat pada spesies Cyprae caputsepentis yaitu 30,66 individu sedangkan kelimpahan gastropoda terendah ditemukan pada spesies Conus spuroides yaitu 1,20 individu. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan diketahui 12 spesies dengan jumlah individu 499 gastropoda.Tingkat keanekaragaman gastropoda tergolong dalam kategori sedang yaitu: 1,033(H). Tingkat kelimpahan gastropoda tertinggi terdapat pada spesies Cyprae caputsepentis yaitu 30,66 individu sedangkan kelimpahan gastropoda terendah ditemukan pada spesies Conus spuroides yaitu 1,20 individu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kenaeragaman, kelimpaham, zona intertidal
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Yulius Seran Bria
Date Deposited: 12 Sep 2023 01:29
Last Modified: 12 Sep 2023 01:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14072

Actions (login required)

View Item View Item