Pendampingan Iman Bagi Anak-Anak Komuni Pertama Untuk Memahami Dan Menghayati Ekaristi Dalam Terang Kanon 913 # 1 Kitab Hukum Kanonik 1983

LOASANA, Noven (2023) Pendampingan Iman Bagi Anak-Anak Komuni Pertama Untuk Memahami Dan Menghayati Ekaristi Dalam Terang Kanon 913 # 1 Kitab Hukum Kanonik 1983. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (320kB)

Abstract

Ekaristi merupakan ungkapan syukur yang diwujudkan dalam doa atau perjamuan bersama. Ekaristi juga merupakan kenangan perjamuan Kristus yang menjadi sumber dan puncak kehidupan Kristiani yang menandakan oersatuan umat Allah, serta menyempurnakan pembangunan Tubuh Kristus. Melalui Ekaristi inilah ada persatuan kehidupan ilahi dan kesatuan dengan seluruh umat terlaksana dan terungkap secara sempurna. Kehadiran Yesus berarti hadirnya misteri paskah yakni misteri Kristus yang selalu hadir dan berkarya di tengah kita tetapi teristimewa dalam perayaan liturgi. Sakramen yang terluhur ialah Ekaristi Maha Kudus di mana Tuhan sendiri dihadirkan, dikurbankan dan disantap berupa roti dan anggur. Perayaan Ekaristi di paroki-paroki dilaksanakan setiap hari minggu dan hari biasa. Setiap umat memiliki motivasi yang berbeda-beda dalam mengikuti perayaan Ekaristi seperti mengikuti perayaan Ekaristi karena kewajiban, kerinduan untuk bertemu dengan Tuhan, dan ucapan syukur. Saat mengikuti perayaan Ekaristi perlu adanya penghayatan iman akan Yesus Kristus, itupun juga berlaku terhadap anak-anak calon penerima komuni pertama, sebab berdasarkan pengelaman masih sebagian yang sudah menerima komuni pertama kurang menghayati imannya. Oleh karena itu perlu adanya pendampingan iman bagi anak-anak secara baik dalam artian penggunaan sumber bahan, metode, serta media yang tepat dan juga penyampaian yang jelas sesuai dengan pemahaman anak-anak. Orang tua, pastor paroki, dan guru agama/katekis yang adalah agen pendamping bagi anak-anak, punya tanggungjawab dalam membina dan mendampingi anak-anak sampai mereka betul mengerti, memahami dan menghayati Ekaristi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ekaristi, Roti, Anggur, Anak-Anak, Pendamping Komuni, Metode Pendampingan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
B Philosophy. Psychology. Religion > BT Doctrinal Theology
Divisions: Fakultas Filsafat > Program Studi Ilmu Filsafat
Depositing User: S.Fil Noven Martinus De Pores Nisen Loasana
Date Deposited: 12 Sep 2023 02:28
Last Modified: 12 Sep 2023 02:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14107

Actions (login required)

View Item View Item