Peran Gaeng Woko Sebagai Koordinator Dalam Pembangunan Rumah Adat Natar Waka Di Desa Wangka Kecamatan Riung Kabupaten Ngada

UGHA, Yulita (2023) Peran Gaeng Woko Sebagai Koordinator Dalam Pembangunan Rumah Adat Natar Waka Di Desa Wangka Kecamatan Riung Kabupaten Ngada. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (199kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan“Peran Gaeng Woko Sebagai Koordinator Dalam Pembangunan Rumah Adat Natar Waka Di Desa Wangka, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Gaeng Woko Sebagai Koordinator Dalam Pembangunan Rumah Adat Natar Waka Di Desa Wangka, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada. Peneliti menggunakan indikator koordinasi menurut Handayaningrat (1989) dimana terdapat empat indikator koordinasi yang menjadi fokus penelitian ini yaitu, komunikasi, pentingnya kesadaran koordinasi, kompetensi partisipan, dan kontuinitas perencanaan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di Desa Wangka yang merupakan tempat dari rumah adat Natar Waka.Teknik pengumpulan data yang dilakukan antara lain : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi atau meringkas yang diperoleh, kemudian dengan menyajikan data yang mempunyai hubungan dengan judul. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukan adanya bahwa selama pembangunan rumah adat Natar Waka Gaeng Woko telah menjalankan perannya sebagai koordinator dengan cukup baik, 1.) Seperti adanya komunikasi yang baik antara Gaeng Woko, pemerintah desa, dan masyarakat adat Wangka, 2.) Gaeng Woko paham perannya sebagai seorang koordinator dan telah menjalankan perannya sebagai koordinator, 3.) Keterlibatan partisipasi Gaeng Woko, pemerintah desa, dan masyarakat adat Wangka selama pembangunan rumah adat Natar Waka dengan memberikan bantuan baik secara fisik maupun non fisik, 4.) Tindak lanjut hasil pembangunan rumah adat Natar Waka dengan mengaktifkan budaya adat caci serta membuat kalender adat sehinggga kegiatan adat di Desa Wangka berjalan secara kondusif. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan pada bab pembahasan maka penulis mengajukan saran kepada Gaeng Woko agar lebih meningkatkan kinerjanya sebagai koordinator dalam setiap kegiatan adat khususnya pada proses pembangunan rumah adat di Desa Wangka, sehingga pembangunan rumah adat bisa berjalan sesuai dengan harapan yang telah direncanakan secara bersama di awal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Gaeng Woko,Koordinator, Rumah adat Natar Waka, Pembangunan Desa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Yulita Ugha
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:21
Last Modified: 12 Sep 2023 07:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14158

Actions (login required)

View Item View Item