UJI EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Numbered Heads Together Dan Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Tata Surya Di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

SALIM, Katarina Dwi Bahagia (2017) UJI EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Numbered Heads Together Dan Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Tata Surya Di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB V - Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khusus Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan tipe Student Teams Achievement Divison terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok Tata Surya di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII Ayang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan kelas VII B yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divison. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen, dengan desain penelitian The Static Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT rata-rata ketuntasan hasil belajar individual siswa mencapai rata-rata 83% (tuntas) dan secara klasikal semua siswa dikatakan tuntas karena tingkat ketuntasannya mencapai 100% dan rerata ketuntasan indikator 0.83 (tuntas), skor rata-rata aktivitas siswa yaitu 77.5 (baik), skor rata-rata kemampuan guru dalam pembelajaran yaitu 4 (baik) sedangkan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD rata-rata ketuntasan hasil belajar individual siswa mencapai 78% (tuntas) dan secara klasikal semua siswa dikatakan tuntas karena tingkat ketuntasannya mencapai 100% dan rerata ketuntasan indikator 0.78 (tuntas), skor rata-rata aktivitas siswa yaitu 89.5 (baik), skor rata-rata kemampuan guru dalam pembelajaran yaitu 4 (baik). Secara umum, kedua model pembelajaran ini efektif terhadap hasil belajar siswa yang ditandai dengan hasil analisis uji t yang menunjukkan bahwa pada tipe NHT diperoleh hasil uji thitung> ttabel yaitu 18.127 > 1.740 dan pada tipe STAD thitung> ttabel yaitu 12.504 > 1.740 dengan taraf sig. 0.000 < 0.05 Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa kedua model pembelajaran ini efektif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dan Tipe Student Teams Achievement Division, Materi Pokok Tata Surya, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:47
Last Modified: 27 Jan 2020 02:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1419

Actions (login required)

View Item View Item