Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Tari Daerah Nusantara Pada Siswa Kelas VII B SMPN 6 Kupang Tengah

LOJA, Yuliana Soli (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Tari Daerah Nusantara Pada Siswa Kelas VII B SMPN 6 Kupang Tengah. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)

Abstract

Pembelajaran Seni Budaya oleh siswa/i SMPN 6 Kupang Tengah selama ini menggunakan metode ceramah, sehingga perlu diterapkan metode baru yang ditempuh dengan metode kooperatif tipe jigsaw. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan metode kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran materi tari daerah nusantara pada siswa kelas VII B SMPN 6 Kupang Tengah. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan proses penerapan metode kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran materi tari daerah nusantara pada siswa kelas VII B SMPN 6 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualiatatif. Metode yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan metode kooperatif tipe jigsaw dilakukan melalui tahapan sebagai berikut. Pada kegiatan pembuka, guru menjelaskan tentang metode pembelajaran yang akan digunakan dan materi tari daerah nusantara yang akan digunakan. Pada kegiatan inti, guru membagi teks dalam bebrapa bagian kepada setiap anggota kelompok asal. Masing-masing anggota kelompok asal mendapat tugas mempelajari satu bagian materi. Langkah berikutnya, anggota kelompok asal yang mendapat materi yang sama, bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk bersama-sama mempelajari materi tersebut. Setelah selesai, kelompok ahli mempresentasikan materi yang telah dipelajari bersama kemudian kembali ke kelompok asal untuk mengajarkan kepada anggota kelompoknya apa yang dipelajari dalam kelompok ahli. Sehingga pada akhirnya setiap siswa dikenai tagihan berupa kuis perindividu. Hasil penelitian ini berhasil pada siklus I sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran materi tari daerah nusantara pada siswa kelas VII B SMPN 6 Kupang Tengah dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Kooperatif, Tipe Jigsaw, Tari Daerah Nusantara
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:54
Last Modified: 27 Jan 2020 02:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1422

Actions (login required)

View Item View Item