Analisis Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDess) di Desa Lokalaba, Kecamatan Mauponggo, Kabupaten Nagekeo

KALE, Maria Fransiska (2023) Analisis Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDess) di Desa Lokalaba, Kecamatan Mauponggo, Kabupaten Nagekeo. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (761kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (326kB)

Abstract

Maria Fransiska Kale, Nim 33118094 dengan judul skripsi “Analisis Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di Desa Lokalaba, Kecamatan Mauponggo, Kabupaten Nagekeo”, di bawah bimbingan Ibu Yolinda Yanti Sonbay SE.,M.Sc sebagai pembimbing I dan Ibu Maria Goreti Malut,SE,.MM sebagai pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di Desa Lokalaba. 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di Desa Lokalaba. Variabel penelitian ini adalah Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dengan metode penelitiannya adalah metode kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif komparatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan data skunder, sedangkan metode pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa, tahap Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang dijalankan di Desa Lokalaba, Kecamatan Mauponggo, Kabupaten Nagekeo terdapat kesesuaian dan ketidak sesuaian dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Tahap yang sudah sesuai dengan Permendagri No.20 Tahun 2018 adalah tahap perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban. Sedangkan tahap yang tidak sesuai dengan Permendagri No.20 tahun 2018 adalah penatausahaan. Faktor penghambat pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja desa ini adalah ketidaktepatan pengawasan, gaya kepemimpinan Kepala Desa Lokalaba yang tidak efektif serta kualitas perangkat desa yang rendah. Sedangkan faktor pendukungnya adalah komunikasi dalam organisasi. Rekomendasi yang diberikan adalah perlunya perubahan pusat perhatian dalam pengawasan, perubahan gaya kepemimpinan Kepala Desa Lokalaba serta pembinaan dan pendampingan perangkat desa yang lebih intens.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Maria Fransiska Kale
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:13
Last Modified: 13 Sep 2023 03:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14277

Actions (login required)

View Item View Item