Implementasi Pendekatan Etno-Stem Pada Materi Sistem Koloid Untuk Mengembangkan Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Seminari St. Rafael Oepoi Kupang Tahun Ajaran 2023/2024

ALDI, Imelda (2023) Implementasi Pendekatan Etno-Stem Pada Materi Sistem Koloid Untuk Mengembangkan Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Seminari St. Rafael Oepoi Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Khatolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (146kB)

Abstract

Pembelajaran Etno-STEM membantu peserta didik memiliki wawasan yang mendalam, bersifat dinamis dan kreatif, sehingga dapat menciptakan generasi unggul yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan memahami budaya-budaya setempat. Penerapan pendekatan Etno-STEM ini difokuskan pada dunia nyata dan masalah otentik sehingga peserta didik belajar untuk merefleksikan proses pemecahan masalah. Berpikir kreatif merupakan fitur penting dalam kehidupan sehari-hari dan memungkinkan kita menjadi fleksibel ketika berhadapan dengan kehidupan nyata. Melalui berpikir kreatif peserta didik dapat menggunakan pemahaman mereka untuk menganalisa masalah dan menemukan solusi yang tepat dan bertanggung jawab. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendekatan Etno-STEM; untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik; untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah mengimplementasikan pendekatan Etno-STEM pada proses pembelajaran materi sistem koloid pada peserta didik kelas Xl IPA SMA Seminari St. Rafael Oepoi Kupang tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik XI IPA SMA Seminari St. Rafael Oepoi Kupang Tahun Ajaran 2023/2024 berjumlah 14 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Guru mampu dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan pendekatan Etno-STEM pada materi sistem koloid yang ditunjukan melalui skor rata-rata yang diperoleh 4,00 termasuk dalam kategori baik. (2) Berpikir kreatif peserta didik meningkat setelah dilakukan penerapan Etno-STEM yang ditunjukan melalui rata-rata nilai tes berpikir kreatif yakni 84 dengan kategori tinggi. (3) Hasil Belajar Aspek Keterampilan (KI-4) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 86,9 dan Hasil Belajar secara keseluruhan dengan nilai rata-rata sebesar 87.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etno-STEM, Berpikir Kreatif, dan Tuntas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Pd IMELDA ALDI
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:56
Last Modified: 14 Sep 2023 01:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14304

Actions (login required)

View Item View Item