Pengaruh Kemampuan Berpikir Logis Dan Kreativitas Nonapptitude Terhadap Hasil Belajar Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Ikatan Kimia Pada Siswa Kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI - Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017

SERAN, Ferdinandus (2016) Pengaruh Kemampuan Berpikir Logis Dan Kreativitas Nonapptitude Terhadap Hasil Belajar Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Ikatan Kimia Pada Siswa Kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI - Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (34kB)

Abstract

Kemampuan berpikir logis adalah kegiatan untuk menyelesaikan baik masalah matematis atau masalah lain yang ditemukan dalam kehidupan sehari–hari secara rasional dan dapat diterima oleh semua orang. Inkuiri Terbimbing merupakan kegiatan inkuiri di mana masalah dikemukakan guru atau bersumber dari buku teks kemudian siswa bekerja untuk menemukan jawaban terhadap masalah tersebut di bawah bimbingan intensif guru. Masalah utama dalam penelitian adalah 1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok ikatan kimia siswa Kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana pengaruh dari kemampuan berpikir logis dan kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI kupang tahun pelajaran 2016/2017? 3) Adakah hubungan kemampuan berpikir logis dan kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017?4) Adakah pengaruh kemampuan berpikir logis dan kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbiming materi pokok ikatan kimia siswa kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok ikatan kimia siswa Kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017. (2) Mengetahui kemampuan berpikir logis siswa kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017. (3) Mengetahui kreativitas non aptitude siswa Kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017. (4) a) Mengetahui hubungan kemampuan berpikir logis dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing siswa Kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017.b) Mengetahui hubungan kreativitas non aptitude dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing siswa kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017. (c) Mengetahui hubungan kemampuan berpikir logis dan kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing siswa Kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017. (5) a) Mengetahui pengaruh kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing siswa Kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017. (b) Mengetahui pengaruh kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing siswa Kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017. (c) Mengetahui pengaruh kemampuan berpikir logis dan kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing siswa Kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang berjumlah 35 orang. Jenis penelitian deskriptif dan asosiatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing efektif pada materi pokok ikatan kimia siswa kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang a) Guru mampu mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok ikatan kimia yang ditunjukkan oleh skor rata-rata 3,77 termasuk dalam kategori baik. b) Ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing meliputi: Ketuntasan indikator hasil belajar sikap spiritual (KI-1) diperoleh dari rata-rata angket dan observasi sebesar 0.89 dan 0.84 dinyatakan tuntas, Ketuntasan indikator hasil belajar sikap sosial (KI-2) diperoleh dari rata-rata angket dan observasi sebesar 0,89 dan 0,87 dinyatakan tuntas, Ketuntasan indikator hasil belajar kognitif (KI-3) dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata sebesar 0,82, Ketuntasan indikator hasil belajar ketrampilan (KI-4) diperoleh dari rata-rata indikator psikomotor, presentasi, portofolio dan THB proses sebesar 0,88, 0,91, 0,86, dan 0,87 dinyatakan tuntas. (2) Kemampuan berpikir logis siswa kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang dengan presentase rata-rata Tes kemampuan berpikir logis sebesar 77,57% termasuk dalam kategori baik. (3) Kreativitas non aptitude siswa kelas X MIA SMA SWASTA Terakreditasi PGRI Kupang dengan presentase rata-rata Angket kreativitas non aptitude sebesar 71,43% termasuk kategori baik. (4) a) Ada hubungan kemampuan berpikir logis dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan saintifik siswa kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan korelasi pearson product moment diperoleh nilai r_(x_(1^y ) ) 0,471.) Ada hubungan kreativitas non aptitude dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan saintifik siswa kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan korelasi Pearson Product Moment _(x_(2^y ) )= 0,456 c) Ada hubungan berpikir logis dan kreativitas non aptitude dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada siswa Kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan korelasi ganda diperoleh nilai _(x_(1^(x_(2^y ) ) ) )= 0,509. (5) a) Ada pengaruh kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing siswa Kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017 yang diperoleh dari persamaan garis regresi sederhana Ŷ ̂ = , + , . b) Ada pengaruh kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing siswa Kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017 yang diperoleh dari persamaan regresi sederhana Y ̂ =57,5+0,385X2. c) Ada pengaruh berpikir logis dan kreativitas non aptitude terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok ikatan kimia siswa Kelas X MIA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017 yang diperoleh dari persamaan garis regresi ganda = , + , + , . Dengan melihat bahwa berpikir logis dan kreativitas non aptitude siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa maka perlu diperhatikan dengan baik bagaimana kemampuan berpikir logis seorang siswa dan bagaimana seorang individu memiliki kreativitas non aptitude yang baik dalam dirinya. Pendekatan inkuiri terbimbing juga memberi hasil yang baik bagi hasil belajar siswa. Oleh karena itu pendekatan ini bisa lebih sering diterapkan pada materi-materi pembelajaran yang akan diajarkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Logis,Kreativitas Non Aptitude , Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Ikatan Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 27 Jan 2020 05:41
Last Modified: 27 Jan 2020 05:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1440

Actions (login required)

View Item View Item