Kualitas Pelayanan Surat Pengantar Pembuatan E-KTP Di Desa Baumata Barat, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang

LAGA, Andreas Korsinus (2023) Kualitas Pelayanan Surat Pengantar Pembuatan E-KTP Di Desa Baumata Barat, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (860kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (467kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul“Kualitas Pelayanan Surat Pengantar Pembuatan E-Ktp Di Desa Baumata Barat, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang’’. Masalah pokok pada penelitian ini adalah “Bagaimana kualitas pelayanan surat pengantar dalam pembuatan E-KTP di Desa Baumata Barat Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang dan Faktor apa saja yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan pelayanan surat pengantar pembuatan E-KTP di Desa Baumata Barat Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka, observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan . Berdasarkan hasil penelitian tentang Kualitas Pelayanan Surat Pengantar Pembuatan E-KTP Di Desa Baumata Barat, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupangdapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan pelayanan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sudah cukup baik, Namun belum bisa dikatakan berkualitas. Hal ini dikarenakan meskipun pelayanan secara keseluruhan menjawab kebutuhan dan harapan masyarakat namun masih terdapat kekurangan. Kekurangan tersebut dilihat dari kurangnya sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan pelayanan secara berkualitas. Saran dalam penelitian ini yaitu 1) Sebagai instansi yang memberikan pelayanan bagi masyarakat umum, Desa Baumata Barat perlu melengkapi sarana prasarana penunjang seperti menambah atau memperluas ruangan pelayanan agar masyarakat tidak perlu berdesak-desakan saat menerima pelayanan dan menyediakan halaman parkir agar pelayanan yang diberikan dapat dikatakan berkualitas. 2) Pegawai di Desa Baumata Barat harus lebih teliti dalam melakukan pekerjaan, terutama dalam penerbitan dokumen penting masyarakat agar tidak terjadi kesalahan penulisan nama, alamat, ataupun nomor induk kependudukan sebagai identitas resmi dari masyarakat. 3) Kantor Desa Baumata Barat perlu terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan dengan mengadakan program-program pembinaan bagi pegawai baik itu pembinaan moral maupun pembinaan disiplin kerja. 4) Untuk terus berusaha dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan pada masyarakat. Desa Baumata Barat perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan melakukan program bimtek, serta terus melayani masyarakat dengan memperhatikan keluhan dan kebutuhan masyarakat. 5) Desa Baumata Barat harus mencari cara atau strategi yang tepat untuk mengatasi hal-hal teknis yang dapat menghambat pelaksanaan pelayanan yang berlangsung, terutama mengenai jaringan dan listrik. Desa Baumata Barat setidaknya harus menyediakan alat alternatif untuk mengatasi padamnya listrik seperti menyiapkan alat bantu seperti penyediaan generator listrik untuk sebagai cadangan ketika listrik kantor mengalami pemadaman. Hal ini bertujuan agar pelayanan dapat terus berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan Surat Pengantar E-KTP
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Andreas Korsinus Laga
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:21
Last Modified: 18 Sep 2023 06:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14463

Actions (login required)

View Item View Item