Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kredit Macet Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Bersama (Studi Kasus Pada BUMDes Maju Bersama di Desa Masu, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada

LAGA, Selvania Benga (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kredit Macet Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Bersama (Studi Kasus Pada BUMDes Maju Bersama di Desa Masu, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (143kB)

Abstract

Selvania Benga Laga, Nomor Registrasi 331 18 118, dengan judul Skripsi “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kredit Macet Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Maju Bersama (Studi kasus di Desa Masu, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada”. Di bawah bimbingan Ibu Rere Paulina Bibiana, SE., M.Si sebagai Pembimbing I dan Ibu Maria O. V. Moi, SE., M.Sc sebagai Pembimbing II. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Apakah persyaratan kredit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kredit macet pada BUMDes Maju Bersama? (2) Apakah karakter debitur berpengaruh positif dan signifikan terhadap kredit macet pada BUMDes Maju Bersama? (3) Apakah lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kredit macet pada BUMDes Maju Bersama? (4) Apakah faktor persyaratan kredit, karakter debitur dan lingkungan berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap kredit macet BUMdes Maju Bersama?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persyaratan kredit, karakter debitur dan lingkungan terhadap kredit macet pada BUMDes Maju Bersama di Desa Masu, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 40 responden diolah menggunakan SPSS Statistic 26. Teknik pengambilan sampel dengan metode random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial karakter debitur berpengaruh positif dan signifikan terhadap kredit macet karena nilai signifikansi 0,000 < 0,005, dan faktor lingkungan berpengaruh positif dan signifikan karena nilai signifikansi 0,001 < 0,005. Persyaratan kredit berpengaruh positif tidak signifikan karena nilai signifikansi 0,106 > 0,005. Kemudian secara simultan, persyaratan kredit, karakter debitur dan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kredit macet dengan F hitung 41,906 > f tabel 2,866. Nilai adjusted R-square sebesar 0,759 atau 75,9 %. Hal ini menunjukan bahwa sebesar 75,9 % kredit macet dipengaruhi oleh faktor persyaratan kredit, karakter debitur dan lingkungan, sedangkan sisanya 24,1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Saran dari penelitian ini untuk BUMDes Maju bersama agar melakukan pengecekan terhadap calon debitur, seperti menganalisa karakter dan kemampuan debitur dalam mengembalikan pinjaman. Dari penelitian ini dapat diantisipasi agar tidak terjadi kredit macet yang berkepanjangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kredit Macet, Persyaratan Perkreditan, Karakter Debitur dan Lingkungan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Selvania Benga Laga
Date Deposited: 17 Sep 2023 23:39
Last Modified: 17 Sep 2023 23:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14470

Actions (login required)

View Item View Item