Pengaruh Current Ratio (CR) Dan Debt To Equity Ratio (DER), Terhadap Kinerja Keuangan (ROE) Pada PT. Viva Cosmetic, Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012-2021

MBATU, Rany Amelia (2023) Pengaruh Current Ratio (CR) Dan Debt To Equity Ratio (DER), Terhadap Kinerja Keuangan (ROE) Pada PT. Viva Cosmetic, Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012-2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (230kB)

Abstract

Rany Amelia Mbatu (32117002) dengan judul Penelitian Pengaruh Current Ratio (CR), Dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Kinerja Keuangan (ROE) Pada PT. Viva Cosmetic Tbk Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2021” Di bawah bimbingan Bapak Dr. Stanis Man, SE, M.Si sebagai Pembimbing I dan Ibu Maria B.M.G Wutun, SE, MM sebagai pembimbing II. Masalah yang terjadi pada PT. Viva Cosmetic Tbk yaitu perusaaan mengalami kerugian selama 10 tahun terakhir. Masalah ini dilihat dari data laporan laba/rugi PT. Viva Cosmetic Tbk tahun 2012-2021. Oleh karena itu, pentingnya melakukan penilaian kinerja keuangan agar dapat mengetahui bagaimana kondisi perusahaan dalam kondisi baik atau tidak. Tingkat profitabilitas menggambarkan kinerja perusahaan melalui kemampuan perusahaan menghasilkan profit. Kinerja perusahaan dinilai baik apabila perusahaan mampu menghasilkan keuntungan melalui penggunaan seluruh asset yang dimilikinya. Adapun tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui: Pertama gambaran tentang Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap ROE pada PT. Viva Cosmetic Tbk Tahun 2012-2021, kedua signifikansi pengaruh CR terhadap kinerja keuangan (ROE) pada PT. Viva Cosmetic Tbk, Ketiga signifikansi pengaruh DER terhadap kinerja keuangan (ROE) pada PT. Viva Cosmetic Tbk, Kempat pengaruh CR, dan DER signifikansi secara simultan terhadap (ROE) pada PT. Viva Cosmetic Tbk, Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode statistik dan diolah dengan menggunakan spss versi 28. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa gambaran CR, DER, dan ROE pada PT. Viva Cosmetic Tbk adalah tidak sehat Secara Parsial current ratio dan Debt to equity ratio berpengaruh tidak signifikan trehadap kinerja keuangan (ROE), hal ini dibuktikan dari uji (t) untuk variabel CR menunjukkan signifikansi sebesar 0,727 > 0,05(5%) dan variabel DER menunjukkan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05(5%) yang artinya kedua variabel tersebut berepengaruh tidak signifikan terhadap ROE. Selain itu secara simultan variabel CR dan DER berpengaruh positif dan signifikan variabel kinerja keuangan (ROE). Hal ini dibuktikan dari hasil uji simultan (uji F) dimana tingkat signifikansi nilai F hitung 0.000 < 0,05 (5%). Hasil uji Koefisien Determinasi (R2) menunjukkan besaran pengaruh variabel CR, dan DER terhadap ROE adalah 52,2% Sedangkan 42,8% lainnya, dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dari kesimpulan hasil analisis penelitian ini maka saran yang diberikan yaitu PT. Viva Cosmetic Tbk sebaiknya meningkatkan lagi kinerja keuangannya dan selalu melakukan analisis kinerja keuangan secara rutin untuk mengetahui perkembangan keuangan perusahaan setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Current Rasio, Debt to Equity Ratio dan Return On Equity
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S. M Rany Amelia Mbatu
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:27
Last Modified: 02 Oct 2023 03:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14517

Actions (login required)

View Item View Item