Analisis Tindak Lanjut Temuan Audit Pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka Tahun Anggaran 2019-2020 (Studi Kasus Temuan Pengelolaan Aset Tetap)

TAE, Yohana (2023) Analisis Tindak Lanjut Temuan Audit Pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka Tahun Anggaran 2019-2020 (Studi Kasus Temuan Pengelolaan Aset Tetap). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (406kB)

Abstract

Yohana Tae, NIM 33118133, dengan judul “Analisis Tindak Lanjut Temuan Audit Pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka Tahun Anggaran 2019-2020 Studi Kasus Temuan Pengelolaan Aset Tetap”. dibawah bimbingan Ibu Rere Paulina Bibiana SE.,M.Si sebagai pembimbing I dan Ibu Maria Odriana Veronika Moi, SE.,M.Sc sebagai pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Temuan-temuan apa saja yang belum ditindaklanjuti Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka Tahun Anggaran 2019-2020? (2) Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan belum optimalnya tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK Tahun Anggaran 2019-2020?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui temuan-temuan yang belum ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka Tahun Anggaran 2019-2020. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mneyebabkan belum optimalnya tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK Tahun Anggaran 2019-2020. Penelitian ini, dilaksanakan pada Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Malaka. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas 2 jenis yaitu data menurut sumber dan data menurut sifat. Data menurut sumber terdiri dari data primer dan data sekunder, dan menurut sifat terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada tahun 2019 ada beberapa temuan yang belum ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Malaka yaitu: Penggunaan aplikasi SIMDA BMD belum optimal karena Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka masih menggunakan kertas kerja manual. Penatausahaan aset tetap peralatan dan mesin, kendaraan tercatat pada KIB B belum dapat ditunjukan BPKnya karena informasi pada KIB B belum lengkap antara lain: Merek, Tipe Barang, Nomor Kendaraan dan Nomor BPKB. Pada tahun 2020 terkait temuan berulang pada Penggunaan aplikasi SIMDA BMD belum optimal karena penggunaan aplikasi SIMDA BMD masih dalam proses perbaikan dan belum dapat digunakan secara optimal sehingga sampai sekarang Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka masih menggunakan kertas kerja manual. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan belum optimalnya tindak lanjut adalah: Teknologi SIMDA, kurangnya komitmen pemimpin, sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu disarankan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka agar segera memperbaiki kelemahan dalam pengelolaan aset tetap dan penggunaan aplikasi SIMDA BMD dengan cara meningkatkan sumberdaya manusia dibidang pembukuan, inventarisasi dan pelaporan barang dalam bentuk pendidikan, pelatih atau bimbingan teknis mengenai pengelolaan aset dan persediaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tindak Lanjut Temuan Audit BPK RI, LHP, LKPD
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Yohana Tae
Date Deposited: 02 Oct 2023 02:29
Last Modified: 02 Oct 2023 02:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14523

Actions (login required)

View Item View Item