Analisis Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) Pada Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDES) Desa Bolok Kabupaten Kupang Tahun Anggaran 2017-2021

MBOE, Florentina Suryati (2023) Analisis Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) Pada Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDES) Desa Bolok Kabupaten Kupang Tahun Anggaran 2017-2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (318kB)

Abstract

Florentina Suryati Mboe, Nomor Regis 331 16 098, dengan judul skripsi “Analisis Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) Pada APBDes, Desa Bolok Kabupaten Kupang Tahun Anggaran 2017-2021” di bawah bimbingan Ibu Dr. Henny A. Manafe, SE.MM selaku pembimbing I dan Bapak Leopold M.T Dawu, SE. MM selaku pembimbing II. Rumusalan masalah dalam penelitian ini adalah, faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya SiLPA Anggaran Pendapatan Belanja Desa Pemerintah Desa Bolok dalam kurun waktu 2017-2021?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya SiLPA Anggaran Pendapatan Belanja Desa Pada Pemerintahan Desa Bolok dalam kurun waktu 2017-2021. Penelitian dilakukan Pada Desa Bolok Kabupaten Kupang, Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini, terdiri dari 2 jenis data yaitu data menurut sumber dan jenis data menurut sifat. Jenis data menutut sumber terdiri dari data sekunder dan primer, sedangkan jenis data menurut sifat terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan faktor- faktor yang mempengaruhi adanya SiLPA pada Desa Bolok pada tahun 2017 yaitu adanya penghematan belanja, serta adanya program/kegiatan belum terlaksana. Pada tahun 2018 yaitu tidak terlaksananya sebagian kegiatan tahun sebelumnya. Pada tahun 2019 tidak terlaksannya sebagian proyek atau program pelaksanaan pembangunan yang telah dianggarkan. Pada tahun 2020 adanya program perjalanan dinas serta adanya program/kegiatan yang tidak terlaksana sesuai perencanaan. Pada tahun 2021 adanya penghematan belanja, serta beberapa program yang belum terlaksana. Saran dari penelitian ini adalah 1. Perlu diupayakan agar dilakukan pemberdayaan/pelatihan kepada perangkat desa pada pada pemerintah desa yang ada di kecamatan kupang barat kabupaten kupang, khusus bagi bendahara desa untuk meningkatkan pemahaman dalam membuat laporan pertanggungjawaban keuangan desa. 2. Perlu adanya tim pengawasan (pendamping desa) untuk membantu mengawasi, memberikan pendapat tentang pengelolaan keuangan desa agar dalam pelaksanaan sesuai peraturan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa, SiLPA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Florentina Suryati mboe
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:38
Last Modified: 05 Oct 2023 01:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14565

Actions (login required)

View Item View Item