Pengaruh Citra Merek, Pemasaran Digital Dan Selebriti Sebagai Brand Ambassador Yang Dimediasi Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Marshwillow Di Aplikasi Tiktok Shop Pada Mahasiswi S1 Feb Unwira Kupang

NDARUT, Kornelia Sherina Sartika (2023) Pengaruh Citra Merek, Pemasaran Digital Dan Selebriti Sebagai Brand Ambassador Yang Dimediasi Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Marshwillow Di Aplikasi Tiktok Shop Pada Mahasiswi S1 Feb Unwira Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (724kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (473kB)

Abstract

Kornelia Sherina Sartika Ndarut (32119010), dengan judul penelitian “Pengaruh Citra Merek, Pemasaran Digital Dan Selebriti Sebagai Brand Ambassador Yang Dimediasi Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Marshwillow Di Aplikasi Tiktok Shop Pada Mahasiswi S1 Feb Unwira Kupang” di bawah bimbingan Bapak Drs. Ec. Gaudensius Djuang, MM selaku Pembimbing I dan Bapak Engelbertus G. C Watu, SE, MM selaku Pembimbing II. Marshwillow merupakan salah satu brand lokal yang merupakan kosmetik terpercaya yang berkembang sesuai dengan perubahan konsumennya. Perkembangan data penjualan Kosmetik Marshwillow di Toko Kosmetik Mutiara Kota Kupang 2020-2022 mengalami fluktuasi. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui persepsi konsumen tentang citra merek, pemasaran digital, selebriti sebagai brand ambassador, minat beli dan keputusan pembelian Kosmetik Marshwillow. (2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh citra merek, pemasaran digital, dan selebriti sebagai brand ambassador terhadap minat beli pada kosmetik Marshwillow. (3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh citra merek, pemasaran digital, dan selebriti sebagai brand ambassador terhadap keputusan pembelian pada kosmetik Marshwillow. (4) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian kosmetik Marshwillow. (5) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh minat beli memediasi citra merek, pemasaran digital, dan selebriti sebagai brand ambassador terhadap keputusan pembelian kosmetik Marshwillow di aplikasi TikTok Shop. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Mahasiswi S1 FEB Unwira Kupang yang pernah menggunakan produk Kosmetik Marshwillow yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Sampel dalam penelitian ini yaitu 110 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut sumbernya yaitu data primer dan data sekunder, sedangkan menurut sifatnya meliputi data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial (PLS). Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel citra merek, pemasaran digital, minat beli dan keputusan pembelian, termasuk dalam kategori baik, sedangkan selebriti sebagai brand ambassador masuk dam kategori sangat baik. Hasil analisis statistik inferensial (PLS) menunjukkan bahwa : (1) citra merek, pemasaran digital, dan selebriti sebagai brand ambassador secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli kosmetik Marshwillow. (2) citra merek berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Marshwillow. (3) pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Marshwillow. (4) selebriti sebagai brand ambassador berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Marshwillow. (5) minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Marshwillow. (6) variabel minat beli secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam memediasi citra merek, pemasaran digital, dan selebriti sebagai brand ambassador terhadap keputusan pembelian kosmetik Marshwillow di TikTok Shop. Nilai koefisien determinasi (R2) variabel minat beli sebesar sebesar 61,9% dan keputusan pembelian sebesar 70,1% , sisanya sebesar 38,1% dan 29,9% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Kosmetik Marshwillow perlu meningkatkan citra merek dengan menambahkan manfaat dan kegunaan dari kosmetik Marshwillow, seperti cream yang hanya digunakan untuk wajah tetapi bisa juga digunakan untuk menutupi bekas luka pada tubuh. Pemasaran yang dilakukan pemilik Kosmetik Marshwillow melalui media digital di TikTok Shop perlu ditingkatkan lagi cara menanggapi konsumennya. Seperti interaktifitas dari admin dengan para konsumen. Kosmetik Marshwillow perlu juga bekerja sama dengan selebriti lainnya selain Natasya Wilona.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Citra Merek,Pemasaran Digital,Selebriti Sebagai Brand Ambassador,Minat Beli Dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M KORNELIA SHERINA SARTIKA NDARUT
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:24
Last Modified: 05 Oct 2023 01:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14567

Actions (login required)

View Item View Item