Analisis Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Pada Desa Seserai Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka

SERAN, Elisa Ningsiani (2023) Analisis Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Pada Desa Seserai Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka. Undergraduate thesis, Program Studi Akuntansi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (317kB)

Abstract

Elisa Ningsiani Seran, Nim 33118022, dengan judul skripsi “Analisis Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Pada Desa Seserai Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka” di bawah bimbingan Bapak Dr.Stanis Man, M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak Leopold M.T Dawu.,SE.MM sebagai pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah penerapan akuntabilitas dalam pengelolaan alokasi dana desa di Desa Seserai Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka. 2) Bagaimanakah transparansi pengelolaan alokasi dana desa di Desa Seserai Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka .Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan keuangan Di Desa Seserai Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka berdasarkan asas akuntabel, transparan, partisipatif disiplin anggaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer.Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan deskriptif kualitatif. Dari hasil wawancara dan dokumentasi yang ada, kemudian peneliti membandingkan hasil penelitian atau wawacara tersebut dengan indikator-indikator Permendagri No 20 Tahun2018. Hasil penelitian, menunjukan bahwa pengelolaan keuangan pemerintah Desa Seserai telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Dalam Negri No 20 Tahun 2018 yaitu akuntabel, transparan, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran dengan terpenuhinya semua indikator serta pengelolaan keuangan desa yang cukup efektif sehingga cukup bermaanfaat bagi masyarakat. Saran bagi pemerintah desa, peneliti menyarankan agar kedepannya pemerintah desa selalu konsisten dengan apa yang dimusyawarahkan bersama masyarakat sehinga kedepannya semua terlaksana dengan baik agar dapat mewujudkan pemberdayaan pembangunan yang baik bagi desa seserai sehingga dapat mensejahterakan masyarakat desa seserai dan untuk masyarakat desa seserai juga diharapkan agar selalu aktif dalam musyawarahagar bisa menciptakan good development yang lebih baik lagi bagi desa seserai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pengelolaan Keuangan Desa, Akuntabilitas, Transparansi, Partisipasi, Tertib dan Disiplin Anggaran.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Elisa Ningsiani Seran
Date Deposited: 08 Oct 2023 23:56
Last Modified: 08 Oct 2023 23:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14572

Actions (login required)

View Item View Item