Pengaruh Pengetahuan Keuangan,Sikap Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Minat Berinvestasi Menabung Pada Ibu Rumah Tangga Desa Fatuba’a Kabupaten Belu

KEHI, Immaculata Esti (2023) Pengaruh Pengetahuan Keuangan,Sikap Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Minat Berinvestasi Menabung Pada Ibu Rumah Tangga Desa Fatuba’a Kabupaten Belu. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (318kB)

Abstract

Immaculata Esti Kehi (32119085) dengan judul penelitian “Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Minat Berinvestasi Menabung Pada Ibu Rumah Tangga Desa Fatuba’a Kabupaten Belu”, dibawah bimbingan Bapak Dr. Stanis Man, SE, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Maria B. M. G Wutun, SE, MM selaku pembimbing II. Minat berinvestasi menabung merupakan salah satu unsur kepribadian setiap individu yang memegang peranan penting dalam mengambil keputusan masa depan. Minat berinvestasi menabung berhubungan erat dengan pikiran, perasaan dan tindakan seseorang terhadap uang yang dimiliknya. Masalah Penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan pendapatan terhadap minat berinvestasi menabung ibu rumah tangga Desa Fatuba’a Kabupaten Belu. (2) Apakah pengetahuan keuangan, sikap keuangan dan pendapatan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat berinvestasi menabung ibu rumah tangga Desa Fatuba’a Kabupaten Belu? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat pengetahuan keuangan, sikap keuangan dan pendapatan terhadap minat berinvestasi menabung ibu rumah tangga Desa Fatuba’a Kabupaten Belu. (2) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan dan pendapatan terhadap minat berinvestasi menabung ibu rumah tangga Desa Fatuba’a Kabupaten Belu secara parsial dan simultan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 417 orang ibu rumah tangga. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan rumus slovin sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 81 orang ibu rumah tangga. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik insidental sampling dan data yang digunakan merupakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan program SPSS. Hasil analisis uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan pendapatan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi menabung ibu rumah tangga Desa Fatuba’a Kabupaten Belu. Hal ini berarti semakin tinggi pengetahuan keuangan, sikap keuangan dan pendapatan maka semakin baik pula minat berinvestasi menabung ibu rumah tangga Desa Fatuba’a Kabupaten Belu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Pendapatan, Minat berinvestasi Menabung
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Immaculata Esty Kehi
Date Deposited: 09 Oct 2023 23:37
Last Modified: 09 Oct 2023 23:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14581

Actions (login required)

View Item View Item