Partisipasi Penenun Di Sanggar Bliran Sina Dalam Pembangunan Desa Melalui Budaya Toru Tana (Tenun Ikat) Desa Kajowair Kecamatan Hewokloang Kabupaten Sikka

SARENG, Karmelia Susana Kowan (2023) Partisipasi Penenun Di Sanggar Bliran Sina Dalam Pembangunan Desa Melalui Budaya Toru Tana (Tenun Ikat) Desa Kajowair Kecamatan Hewokloang Kabupaten Sikka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (401kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Partisipasi Penenun di Sanggar Bliran Sina Dalam Pembangunan Desa Melalui Budaya Toru Tana (Tenun Ikat) Desa Kajowair Kecamatan Hewokloang Kabupaten Sikka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi penenun di sanggar Bliran Sina dalam pembangunan desa melalui budata Toru Tana (Tenun Ika) desa Kajowair kecamatan Hewokloang kabupaten Sikka. Menggunakan dua variabel yaitu partisipasi masyarakat menurut Sofian 2003 dengan tiga indikator yaitu sumbangan pikiran dalam bentuk pengambilan keputusan, sumbangan tenaga dalam bentuk gotong-royong, sumbangan dana swadaya , dan pembangunan desa menurut Mulyanto 2013 terdapat dua indikator yaitu kelembagaan desa, sarana perekonomian desa. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan masalah dalam penelitian ini yaitu pendekatan kulitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari informan, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, artikel yang berkaitan dengan partisipasi masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Pejabat Sementara Desa, Sekretaris Desa, Ketua Sanggar Bliran Sina, dan masyarakat yang berpartisipasi dalam pembangunan desa Kajowair. Hasil penelitian ini menujukan partisipasi penenun di sanggar Bliran Sina dalam pembangunan desa melalui budaya Toru Tana (Tenun Ikat) sudah cukup baik namun belum optimal. Hal ini dilihat dari hasil penelitian melalui indikator kelembagan desa diukur dari aspek pengembangan kegiatan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat, ada program yang dijalankan pemerintah desa Kajowair tidak berjalan dengan baik. Maka dari itu sara peneliti kepada pemerintah desa yaitu lebih memberikan edukasi serta pendampingan kepada masyarakat tentang program yang nantinya akan dijalankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: partisipasi Penenun, Budaya Toru Tana (Tenun Ikat), Pembngunan Desa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Karmelia Susana Kowan Sareng
Date Deposited: 12 Oct 2023 00:06
Last Modified: 12 Oct 2023 00:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14589

Actions (login required)

View Item View Item