MANEK, Fransiskus Rendi (2017) Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Pemuaian Pada Peserta Didik Kelas VIIA Semester Ganjil Di SMPK St. Yoseph Noelbaki Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
FILE 01. Depan.pdf Download (808kB) |
|
Text
FILE 02. BAB I.pdf Download (186kB) |
|
Text
FILE 03. BAB II.pdf Download (768kB) |
|
Text
FILE 04. BAB III.pdf Download (533kB) |
|
Text
FILE 05. BAB IV.pdf Download (716kB) |
|
Text
FILE 06. BAB V.pdf Download (170kB) |
Abstract
Inkuiri terbimbing merupakan salah satu pendekatan inkuiri dimana guru membimbing peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran dengan memberi pertanyaan awal dan mengarahkan pada satu diskusi. Proses belajar inkuiri terbimbing, mengarahkan peserta didik untuk menemukan konsep melalui petunjuk-petunjuk seperlunya dan dibawah bimbingan intensif guru sehingga hasil belajar yang dicapai dapat memuaskan. Masalah dalam penelitian dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok pemuaian pada peserta didik kelas VIIA SMPK St. Yoseph Noelbaki semester ganjil tahun ajaran 2017/ 2018 ini adalah 1.Bagaimana Kemampuan Guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing materi pemuaian? 2.Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok pemuaian? 3. Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok pemuaian? 4. Bagaimana Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok pemuaian? Tujuan penelitian ini adalah 1.Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok pemuaian. 2.Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok pemuaian. 3.Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok pemuaian. 4.Mendeskripsikan Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok pemuaian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA SMPK St. Yoseph Noelbaki Tahun Ajaran 2017/2018 dan guru (peneliti). Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dan penilaian pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok pemuaian, tes hasil belajar (THB) dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, proporsi. dan persentase. Dari hasil penelitian dan analisis data ditemukan atau dikatakan bahwa: 1.Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran pendekatan inkuiri terbimbing dikatakan baik. 2. Ketuntasan IHB Produk, Afektif, dan Psikomotor dikatakan tuntas. 3.Ketuntasan hasil belajar pesrta didik untuk THB Produk, Afektif, dan Psikomotor dikatakan tuntas. 4. Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing berada dalam kategori sangat baik .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan, Inkuiri Terbimbing, Pemuaian, Peserta Didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Andreas M. Pati |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 01:06 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 01:06 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1460 |
Actions (login required)
View Item |