Analisis Pengelolaan Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Lewoloba Kecamatan Ile Mandiri Kabupaten Flores Timur

DATON, Veronika Gola (2023) Analisis Pengelolaan Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Lewoloba Kecamatan Ile Mandiri Kabupaten Flores Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (734kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (422kB)

Abstract

Veronika Gola Daton, NIM 33118058, dengan judul skripsi : Analisis Pengelolaan Dana Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Lewoloba Kecamatan Ile Mandiri Kabupaten Flores Timur. Dibawah bimbingan ibu Dr.M.E.Perseveranda,SE.,M.Si sebagai pembimbing I dan bapak Leopold M.T Dawu, SE.,MM sebagai pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan Dana Desa dalam pemberdayaan masyarakat yang dilakukan di Desa Lewoloba Kecamatan Ile Mandiri Kabupaten Flores Timur menurut Permendagri Nomor 20 Tahun 2018, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan proses pengelolaan dana desa dalam pemberdayaan masyarakat dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat pengelolaan dana desa dalam pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini dilakukan pada Desa Lewoloba Kecamatan Ile Mandiri Kabupaten Flores Timur. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini, terdiri atas 2 jenis yaitu jenis data menurut sumber dan jenis data menurut sifat. Jenis data menurut sumber terdiri dari data primer dan data sekunder. Sedangkan data menurut sifat terdiri dari data kualitatif dan kuantitaif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pertama tahap perencanaan, pemerintah Desa Lewoloba telah melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan Permendagri No. 20 Tahun 2018. Kedua tahap pelaksanaan pemerintah desa Lewoloba telah melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan permendagri No. 20 Tahun 2018. Ketiga tahap penatausahaan,masih ditemukan bahwa bendahara desa Lewoloba belum memahami tahapan pengelolaan dana desa dengan baik sehingga adanya keterlambatan dalam melakukan penutupan buku kas setiap akhir bulan. Keempat tahap pelaporan masih ditemukan kepala desa Lewoloba belum memahami tahapan pengelolaan dana desa menurut permendagri Nomor 20 tahun 2018. Kelima tahap pertanggungjawaban masih ditemukan bahwa pemerintah desa Lewoloba belum memhami tahapan pengelolaan dana desa menurut permendari nomor 20 tahun 2018. Saran untuk pemerintah desa Lewoloba sebaiknya lebih disiplin dalam waktu penyampaian laporan pertanggungjawaban dana desa, lebih memahami pengelolaan dana desa dan memperhatikan dokumen yang dibutuhkan serta meningkatkan kualitas atau kompetensi sumber daya manusia (SDM) agar mampu mengatasi dana desa dengan lebih baik untuk tahun yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan,Dana Desa
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Veronika Gola Daton
Date Deposited: 16 Oct 2023 00:40
Last Modified: 16 Oct 2023 00:40
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14606

Actions (login required)

View Item View Item