Analisis Pengelolaan Dana Desa Pada Bidang Pembangunan Infrastruktur Di Desa Sarasedu 1 Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Tahun 2018-2021

DHEY, Yeruna Agustina (2023) Analisis Pengelolaan Dana Desa Pada Bidang Pembangunan Infrastruktur Di Desa Sarasedu 1 Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Tahun 2018-2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (337kB)

Abstract

Yeruna Agustina Dhey NIM 33118086, dengan judul skripsi: Analisis Pengelolaan Dana Desa Pada Bidang Pembangunan Infrastruktur (Studi Kasus Pada Desa Sarasedu 1. Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada Tahun Anggaran 2018 -2021). Dibawa Dr. Yolinda Yanti Sonbay, SE.,M.Sc selaku pembimbing 1 dan Ibu Maria Goreti Malut, SE.MM selaku pembimbing 11. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan dana desa pada bidang pembangunan infrastruktur? dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat yang terjadi di Pemerintah Desa Sarasedu 1 Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Tahun Anggaran 2018-2021 penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dana desa pada bidang pembangunan infrastruktur Desa Sarasedu 1 Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut: data menurut sumber yaitu data primer dan data sekunder dan data menurut sifat yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumplan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan dana desa di Desa Sarasedu 1 berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negri No.20 Tahun 2018 dimana melalui 5 (lima) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban. Hasil penelitian ini adalah (1) tahap perencanaan, pemerintah Desa Sarasedu 1 telah melakukan dan melaksanakan kewajiban dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang ada. (2) Tahap pelaksanaan pada tahapan ini belum maksimal dimana terdapat beberapa kendala yang terjadi pada proses pembangunannya hal ini dikarenakan keterlambatan dalam pencairan dana kegiatan yang mengakibatkan pelaksanaan kegiatan pembangunan tidak sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan sebelumnya serta kurangnya partisipasi masyarakat dalam menunjang bantuan yang telah diberikan oleh pemrintah Desa Sarasedu 1 hal ini tidak sesuai dengan peraturan Permendagri No.20 Tahun 2018. (3) Tahap penatausahaan dalam tahapan ini pemerintah Desa Sarasedu 1 sudah melakukan sesuai dengan Permendagri No.20 Tahun 2018. (4) Tahap pelaporan pada tahapan ini pemerintah juga mengalami keterlambatan dalam pembuatan dan penyerahan laporan yang disebabkan kurangnya sumber daya manusia. (5) Tahap pertanggungjawaban pada tahapan ini pemerintah Desa Sarasedu 1 sudah berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan yang ada. Saran dari hasil penelitian ini adalah (1) sebagai Pemerintah Desa Sarasedu 1, dalam proses pengelolaan dana desa dalam tahapan pelaksanaan dan pelaporan harus lebih ditingkatkan lagi . (2) Pemerintah Desa Sarasedu 1 harus lebih memperhatikan lagi perencanaan pengelolaan dana desa agar dapat terlaksana dengan baik atau optimal..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Dana Desa, Pembangunan Infrastruktur
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Yeruna Agustina Dhey
Date Deposited: 19 Oct 2023 23:43
Last Modified: 19 Oct 2023 23:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14636

Actions (login required)

View Item View Item